SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT CABAI RAWIT MENGGUNAKANKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS WEB

Joan Angelina Widians, Masna Wati

Abstract


Budidaya cabai rawit merupakan bisnis yang sangat menjanjikan di Indonesia karena cabai rawit merupakan salah satu bumbu masakan di Indonesia sehingga petani di Indonesia banyak yang membudidayakan bibit cabai rawit tetapi mereka masih menggunakan cara manual untuk memilih bibit cabai rawit yang tepat untuk dibudidayakan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem untuk memudahkan petani melakukan pemilihan bibit cabai rawit yang terbaik untuk dibudidayakan. Sistem ini mengimplementasikan metode simple additive weighting (SAW) yang menggunakan proses normalisasi matriks keputusan (x) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua alternatif yang ada. Dalam penelitian ini kriteria yang digunakan adalah curah hujan, umur benih, banyak ranting, berat cabai dan waktu panen. Dengan dibuatnya sistem pendukung keputusan pemilihan bibit cabai rawit diharapkan akan mempermudah petani memilih bibit cabai rawit yang terbaik untuk dibudidayakan berdasarkan hasil perangkingan bobot bibit cabai yang telah diuji.


Full Text:

PDF

References


. Eniyati, Sri. (2011) "Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting)." Teknologi Informasi DINAMIK.

. Hamdani, H Haviluddin, MS Abdillah. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani Jurnal Informatika Mulawarman 6 (3), 98-104

. Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5

. Kadir, Abdul. 2005. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

. Kendall, Kenneth & Julie E. Kendall, 2003, “Analisis dan Perancangan Sistem” Jilid 1. (diterjemahkan oleh: Thamir Abdul Haefedh), PT. Indeks kelompok Gramedia, Jakarta.

. Kusrini, 2007, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Andi, Yogyakarta.

. Kusumadewi, Sri, Hartati .S, Harjoko .A, Wardoyo .R, 2006,”Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FADM)”, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

. Kurniawan, Dedi 2013, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Padi Unggul Menggunakan Metode AHP”, https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwj7ht3AiLvQAhWGt48KHcxNBgUQFgg3MAQ&url=http%3A%2F%2Feprints.ung.ac.id%2F9042%2F&usg=AFQjCNH_wFPQExHMe5tn8F14sHPL1PZI-Q&sig2=r5svFtwm4L_8qgryCkZ8zg

. Nugroho, B, (2008) Membuat Aplikasi Penjualan dengan PHP & MySQL. jakarta: Ardana Media.

. Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku I). Yogyakarta: Andi.

. Ramadhani, Arif, S.Kom dan Hendra Saputra, S.Kom. 2005. Buku Latihan PHP 5 dan MySQL. Jakarta: Elex Media Komputindo.

. Sutabri, Tata. 2004. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

. Turban, Efraim, 2005, “Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas”, Andi, Yogyakarta.

. Vercellis, Carlo, 2009, “Business Intelligence: Datamining and Optimization for Decision Making”, John Wiley & Sons, Chichester.

. Wirawan, B dan S. Wahyuni. 2002. Memproduksi Benih Bersertifikat. Penebar Swadaya, Jakarta.

. Wiryanta, Bernardinus T. Wahyu, 2002, “Bertanam Cabai pada Musim Hujan”, PT AgroMedia Pustaka, Jakarta.

. Witten, Jeffery. L, Lonnie, Bentley. D, Dittman, Kevin. C, 2004,”Metode Desain dan Analisis Sistem”, Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)