APLIKASI SISTEM PAKAR SKORING TES IQ DENGAN ALAT CFIT BERBASIS DESKTOP

Irwan Aditya Saputra, Joan Angelina Widians, Rosmasari Rosmasari

Abstract


Sistem Pakar merupakan suatu bagian dari kecerdasan buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang digunakan untuk memecahkan berbagai masalah, pembuatan aplikasi sistem pakar skoring tes IQ dengan alat CFIT berbasis desktop ini memberikan kemudahan kepada user yang ingin melakukan tes IQ CFIT. Penyajian tes-tes yang dilakukan melalui desktop diharapkan dapat memberi banyak manfaat dan mudah diimplementasikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Forward Chaining untuk menentukan IQ seseorang. Input dari sistem pakar skoring tes IQ dengan alat CFIT ini adalah soal-soal tes IQ yang terdiri dari 50 soal yang telah disediakan. Kemudian proses yang dilakukan adalah dengan menjawab soal-soal yang ada didalam sistem tersebut dengan durasi yang telah ditentukan. Output dari sistem pakar skoring tes IQ dengan alat CFIT ini adalah menentukan IQ seseorang. Dengan adanya sistem ini kita dapat memperkenalkan bahwa memilih metode atau alat tes IQ akan lebih mudah diterapkan dalam memanfaatkan teknologi.


Full Text:

PDF

References


Kusumadewi, S., 2003. Artificial Intellegence (Teknik dan Aplikasinya). Yoyakarta: Graha Ilmu

Budi Sutedjo Dharma Oetomo, 2006, Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi, Penerbit Andi, Yogyakarta

Cattel, R.B dan Butcher, H.J. 1989. Creativity and Personality. Vernon, P.E. Creativity : Selected Readings. Baltimore : Pinguin Books

Hamdani, H Haviluddin, MS Abdillah. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani. Jurnal Informatika Mulawarman 6 (3), 98-104

Bedi Supriaty, Rheo Malani, Oki Dwi Nurhayati. 2016. Design of Information System for Acceptance Selection of Prospective Employees Online Using Tahani Fuzzy Logic Method and Simple Additive Weighting (SAW). International Journal of Computing and Informatics (IJCANDI). Vol 1, No 1 February (2016)

Fahrul Agus, Hairunnisa Hairunnisa, Septya Maharani. 2016. Comparative Analysis of Tsukamoto and Sugeno Fuzzy Methods For Procurement Optimization. International Journal of Computing and Informatics (IJCANDI). Vol 1, No 4 November (2016)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)