SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBUANGAN AKHIR SAMPAH KOTA SAMARINDA METODE SIMPLE ADITIVE WEIGHTING BERBASIS DESKTOP

Aldy Fachrial, Zainal Arifin, Dyna Marisa Khairina

Abstract


Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur dengan luas wilayah 718 km2. Pemilihan lokasi pembuangan sampah menjadi permasalahan karena kepadatan penduduk di Samarinda mencapai 1132 jiwa/km2, sedangkan wilayah yang direncanakan untuk menjadi lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) mempunyai karakteristik-karakteristik geografis tersendiri, dimana suatu lahan memiliki kondisi air tanah yang bagus namun dekat dengan pemukiman penduduk atau daerah lain memiliki kondisi air tanah yang kurang bagus namun jauh dari pemukiman penduduk. Terdapat banyak informasi yang dibutuhkan untuk memilih wilayah yang ideal untuk lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah. Pemanfaatan Sistem Pendukung Keputusan dapat digunakan untuk membantu manusia mengambil keputusan dengan cepat, tepat, dan konsisten. Sistem ini dikembangkan dengan menerapkan metode Simple Additive Weighting, metode yang lebih dikenal dengan metode pembobotan. Hasil dari sistem ini merupakan ranking lokasi TPA yang terbaik sampai ke nilai terendah. Sistem ini dibangun berbasis desktop dengan bahasa pemrograman Java.


Full Text:

PDF

References


. Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

. Mizwar, A. 2012. Penentuan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kota Banjarbaru Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Universitas Lambung Mangkurat.

. Maulidah, S., Wirahayu, Y. A., dan Wiwoho B. S. Pemilihan Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kabupaten Bangkalan Dengan Bantuan Sistem Informasi Geografis. Semarang.

. Darmastuti, D. 2013. Implementasi Metode Simple Addtive Weighting (SAW) dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

. Nugroho, B. 2008. Panduan Lengkap Menguasai Perintah SQL. Jakarta: MediaKita.

. Supriyanto. 2010. Pemrograman Database menggunakan Java & MySQL untuk Pemula. Jakarta: mediakita.

. Redko, A. 2013. Using JavaFX UI Controls.

. Bedi Supriaty, Rheo Malani, Oki Dwi Nurhayati. 2016. Design of Information System for Acceptance Selection of Prospective Employees Online Using Tahani Fuzzy Logic Method and Simple Additive Weighting (SAW). International Journal of Computing and Informatics ISSN: 2502-2334. Vol 1, No 1 February, 2016.

. Hamdani, H Haviluddin, MS Abdillah. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani. Jurnal Informatika Mulawarman 6 (3), 98-104


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)