Sistem Informasi SMK AL_KHAIRIYAH Samarinda Berbasis Web

Erwin Erwin, Edy Budiman, Ummul Hairah

Abstract


Sebuah sekolah terutama sekolah menengah kejuruan membutuhkan media penyampaian informasi yang cepat dan efisien untuk mendukung kelangsungan perkembangan dan pengelolaan aktivitas siswa. Hingga saat ini SMK Al-Khairiyah Samarinda belum memiliki sebuah sistem informasi siswa, yang menangani data aktivitas akademik siswa. Peneliti ini bertujuan untuk mempermudah siswa dan pengunjung dalam mendapatkan informasi sekolah dalam bentuk unduhan file seperti tugas siswa, daftar nilai, informasi magang, informasi kerja, informasi kuliah, informasi beasiswa, pengaduan siswa dan pengaduan pengunjung melalui sistem berbasis website. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model waterfall. Dengan model analisis terstruktur yang di implementasikan menggunakan PHP dan MYSQL. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat digunakan oleh admin, siswa dan pengunjung sebagai user. Dapat mengolah data pos, laman siswa, komentar, unduhan, data siswa, data guru, formulir pengaduan dan data pengguna menampilkan berita terbaru, tugas dan nilai untuk siswa, komentar siswa dan pengunjung, data-data siswa dan guru dan pengaduan seperti kritik dan saran.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, SMK AL-KHAIRIYAH, PHP, MYSQL, Web


Keywords


Sistem Informasi, SMK AL-KHAIRIYAH, PHP, MYSQL, Web

Full Text:

PDF

References


Andrea Adelheid & Khairil Nst. 2012. Buku pintar menguasai PHP MySQL Media kita. Jakarta selatan.

Deti, Leni Kardila. Herry Mulyono 2017. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Pemesanan Plywood Berbasiskan Web Pada Pt. Kumpeh Karya Lestari Jambi. Jurnal STIKOM Jambi. Vol.2 No.1 Diambil dari http://jurnalmsi.stikom-db.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/66

Henderi, dkk. (2011). Desain Apliksi e-learning Sebagai Media PembelajaranArtificial Informatics.Jurnal CCIT. Vol.4, No.3

Jogiyanto HM, MBA, Akt., Ph.D, 2009; ”Sistem Teknologi Informasi, Pendekatan Terintegrasi : Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan”, Yogyakarta : Penerbit ANDI

Oktavian, D. P. (2010). Menjadi Programmer Jempolan Menggunakan Php. Yogyakarta: MediaKom.

Pressman, R.S., 2002. Rekayasa Praktis Lunak Pendekatan Praktisi (Buku I), Yogyakarta: Andi.

Prasetyo, Andri, Rahel Susanti. 2016. Sistem Informasi Penjualan Berbasis WebPada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia ASIA (JITIKA).V ol.10 No.2 diakses dari https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/57/45

Ramadhan, A. (2006). Pemrograman Web Database dengan Php Dan Mysql. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Setiabudi, D. H., & Rahardjo, A. S. (2002). Aplikasi e-commerce www.komputeronline.com dengan Menggunakan Mysql dan PHP4. Jurnal Informatika Vol. 3, No. 2, 88 - 95.

Sutanta, E. (2004). Sistem Basis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

S, Rosa. A., & M.Shalahuddin. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Situmorang.2010.“Buku Analisa Data”.Medan: Katalog Dalam Terbitan(KDT).

Tata Sutabri. 2012, Konsep Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Utami, E., & Hartanto, A. D. (2012). Sistem Basis Data menggunakan Microsoft SQL Server 2005. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wahana Komputer. 2010. Panduan Belajar MySQL Database Server. Media Kita. Jakarta Selatan.

Warsito, Ary Budi, Muhamad Yusup, Iqbal Makaram. (2015) “Perancangan SIS+ Menggunakan Metode YII Framework Pada Perguruan Tinggi Raharja”. Jurnal CCIT Vol.8 No.2. Tangerang : Perguruan Tinggi Raharja.

Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yeni Kustiyahningsih, Devie Rosa Anamisa, 2011.Pemograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL.Graha Ilmu : Yogyakarta.

Yeni Kustiyahningsih, Devie Rosa Anamisa, 2011.Pemograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL.Graha Ilmu : Yogyakarta.

Zaki, A. (2008). PHP dan MySQL. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.