PENERAPAN METODE DEMPSTER SHAFER UNTUK SISTEM DETEKSI PENYAKIT TANAMAN PADI

Muhd. Ihsan, Fahrul Agus, Dyna Marisa Khairina

Abstract


Penyakit tanaman padi merupakan salah satu faktor penyebab anjloknya hasil produksi padi di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur. Keterlambatan penanganan dan kurangnya pengetahuan para petani serta kurangnya jumlah para pakar atau penyuluh pertanian menyebabkan masalah ini mejadi rumit. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi tentang Metode Dempster Shafer serta menerapkannya pada sistem untuk deteksi gejala penyakit tanaman padi.  Studi ini menggunakan data yang bersumber dari penyakit tanaman padi pada wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk membangun kepakaran, ditetapkan narasumber yang berlaku sebagai pakar penyakit tanaman padi, selanjutnya dibuat model rancangan sistem yang berupa rancangan basis pengetahuan, kaidah produksi, pohon keputusan dan penentuan densitas dengan Metode Dempster Shafer.  Hasil penelitian ini yakni model rancangan sistem yang dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit tanaman padi yang dapat diterapkan pada proses pembangunan prototipe sistem pakar.

Full Text:

PDF

References


. AAK. 1990. Budidaya Tanaman Padi. Yogyakarta: Kanisius.

. Anonim. 2009. Hawar Daun Bakteri. Xanthomonas campestris pv. Oryzae. Informasi Ringkas Bank Pengetahuan Padi Indonesia.

. Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan. 1989. Pengenalan Penyakit Penting pada Tanaman Padi dan Palawija dan Cara Pengendaliannya. Jakarta.

. Harahap, I.S dan Tjahjono, B. 1992. Pengendalian Hama Penyakit Padi. Jakarta: Penebar Swadaya.

. Hamdani, H Haviluddin, MS Abdillah. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani. Jurnal Informatika Mulawarman 6 (3), 98-104

. Honggowibowo, A.S. 2009. “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Berbasis Web dengan Forward dan Backward Chaining”. Telkomnika Vol 7, No.3, Desember 2009: 187-194.

. Iswanti, S dan Hartati, S. 2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Semangun, H. 1990. Penyakit-Penyakit Tanaman Pangan di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

. Sudarma, I.M. 2013. Penyakit Tanaman Padi (Oryza sativa L.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Suhartono, V. Mulyanto, S. Sutojo, T. 2011. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: ANDI; Semarang: UDINUS.

. Wahyuni, E.G dan Prijodiprojo, W. 2013. “Prototype Sistem Pakar untuk Mendeteksi Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner dengan Metode Dempster Shafer (Studi Kasus: RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta)”. IJCCS, Vol.7 No.2, July 2013, pp. 133-144.

. Widiarta, N. 2005. Wereng Hijau (Nephotettix verisvens Distans): Dinamika Populasi dan Strategi Pengendaliannya Sebagai Vektor Penyakit Tungro. Jurnal Litbang Pertanian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)