SIMULASI SISTEM ANTRIAN DENGAN METODE MULTIPLE CHANNEL SINGLE PHASE

Jaka Dian Ramadhan, Fahrul Agus, Indah Fitri Astuti

Abstract


Antrian merupakan suatu garis tunggu dari orang/satuan yang memerlukan pelayanan dari satu atau lebih fasilitas layanan, misalnya antrian pada teller di bank. Pada bank dengan jumlah teller yang sedikit atau tingkat pelayanan yang rendah seringkali mengakibatkan antrian yang panjang sehingga nasabah yang akan dilayani menunggu dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan sistem antrian pada Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Pembantu Universitas Mulawarman Samarinda menggunakan metode sistem antrian Multiple Channel Single Phase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total rata – rata waktu pelayanan 2 teller 28,32 menit/nasabah, 3 teller 7,66 menit/nasabah, dan 4 teller 5,98 menit/nasabah. Rekomendasi hasil penelitian menggunakan 3 teller karena total rata – rata waktu pelayanan dari 2 teller ke 3 teller mengalami penurunan secara drastis, sedangkan total rata – rata waktu pelayanan dari 3 teller ke 4 teller mengalami penurunan tidak terlalu signifikan.


Full Text:

PDF

References


. Aminudin. 2005. Prinsip – prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga.

. Djati, B. S. L. (2007). Simulasi, Teori Dan Aplikasinya. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

. Faradhika, F. (2014). Analisis dan Simulasi Sistem Antrian Pada Bank ABC. Saintia Matematika. 2(2) Maret.

. Gordon, G. (1989). System Simulation. New Delhi : Prentice Hall Of India.

. Gusti Vero W., Sahmanbanta S., Fachrosi F. (2012). Perancangan Sistem Simulasi Antrian Kendaraan Bermotor pada Stasiun Pengisian Bahan-Bakar Umum (SPBU) Menggunakan Metode Distribusi Eksponensial. Jurnal Elektronik Ilmu Komputer. Universitas Udayana.

. Hoover, S. V., Ronald F. P. (1989). Simulation: A Problem-Solving Approach. Addison-Wesley Longman Publishing Co., Inc. :Boston, USA.

. Jay, H dan Barry, R. (2005). Operation Management, edition. (Manajemen Operasi edisi 7, Buku 1) Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

. Law, A. M. and Kelton, D. W. (1991). Simulation Modeling & Analysis, detikond edition, McGraw-Hill, International.

. Pangestu, dkk. 2000. Dasar – dasar Operation Research. BPFE. Yogyakarta.

. Purnama, A. (2012). Penerapan Model Simulasi Antrian Multi Channel Single Phase Pada Antrian Di Apotek Purnama Semarang. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala. Semarang.

. Prihati, Yani. (2012). Simulasi dan Permodelan Sistem Antrian Pelanggan di Loket Pembayaran Rekening XYZ Semarang. Majalah Informatika. Universitas AKI

. Sahar, A.H. 2007. Analisis Kinerja Sistem Antrian pada Industri Pengelolahan Fillet Ikan Beku (Studi Kasus di PT Global Tropical Seafood, Jawa Barat). Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)