APLIKASI LOGIKA FUZZY DALAM OPTIMISASI STOK BAHAN MENGGUNAKAN METODE TSUKAMOTO

M. Arizal, Nataniel Dengen, Islamiyah Islamiyah

Abstract


Pengendalian stok gudang merupakan satu kegiatan yang dilakukan dalam sebuah perusahaan dan khususnya pada CV. Rejeki Mulya Jaya yang bergerak di bidang jasa kontraktor. Oleh karna itu, dalam pengembangan sistem ini bertujuan untuk menerapkan aplikasi yang menggunakan metode fuzzy Tsukamoto untuk mengoptimisasikan jumlah pengambilan bahan perusahaan berdasarkan data gudang dan kebutuhan perusahaan. Aplikasi yang akan diterapkan ini dibuat berbasis desktop dan menggunakan bahasa pemrograman java. Berdasarkan dari hasil pengujian aplikasi maka dapat diketahui bahwa pengoptimisasian jumlah pengambilan bahan dari penggunaan metode fuzzy tsukamoto sebagian besar dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Dengan menggunakan aplikasi ini pihak perusahaan dapat mengambil keputusan lebih cepat dari perhitungan manual. Sehinggga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pihak perusahaan untuk mengambil keputusan dalam pemenuhan kebutuhan perusahaan berdasarkan data gudang dan kebutuhan perusahaan.


Full Text:

PDF

References


. Kadir, Abdul. 2012. Algoritma & Pemrograman Mengunakan Java. Yogyakarta: Andi.

. Kusumadewi, Sri,. Hartati .S, Harjoko .A, Wardoyo .R. 2006. Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

. Kusumadewi, Sri,. Purnomo, Hari. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu

. Hamdani, H Haviluddin, MS Abdillah. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani. Jurnal Informatika Mulawarman 6 (3), 98-104

. Bedi Supriaty, Rheo Malani, Oki Dwi Nurhayati. 2016. Design of Information System for Acceptance Selection of Prospective Employees Online Using Tahani Fuzzy Logic Method and Simple Additive Weighting (SAW). International Journal of Computing and Informatics (IJCANDI). Vol 1, No 1 February (2016)

. http://www.metodealgoritma.com/2013/06/himpunan-fuzzy.htm


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)