SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN WALLPAPER BERBASIS DESKTOP DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Ardha Tri Putera, Haeruddin Haeruddin, Rosmasari Rosmasari

Abstract


Di dalam kehidupan sehari-hari, dengan sadar maupun tidak sadar manusia saat ini sudah terpengaruh oleh berbagai produk dan desain yang ada di sekitarnya, misalnya saja desain wallpaper yang dapat membuat seseorang merasa betah didalam suatu ruangan. Banyak faktor yang dapat menjadi indikator jika berbicara mengenai pemilihan sebuah desain wallpaper, misalnya dari warna, motif dan biaya yang dibutuhkan. Di dalam memilih merk wallpaper untuk dinding rumah, konsumen dihadapkan pada berbagai macam pilihan merk dengan variasi motif dan harga yang berbeda-beda. Selain itu untuk menghitung jumlah roll wallpaper yang dibutuhkan, diperlukan perhitungan yang cukup rumit. Hal ini lah yang melatarbelakangi pembuatan sistem pendukung keputusan (SPK) sebagai pengambil keputusan untuk pemilihan wallpaper. Sistem ini mengimplementasikan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan melakukan penelitian dari kriteriakriteria yang ada pada wallpaper. AHP memberikan suatu skala pengukuran dan memberikan metoda untuk menetapkan prioritas. AHP menuntun ke suatu pandangan menyeluruh terhadap alternatif-alternatif yang muncul untuk persoalan yang dihadapi. Dimana terciptanya sistem penunjang keputusan yang nantinya akan membantu pengguna menentukan keputusan pilihan merk wallpaper terbaik sesuai dengan kriteria yang diinginkan beserta jumlah biaya yang dibutuhkan.


Full Text:

PDF

References


. Fikri, I. 2005. Pemrograman Java. Yogyakarta: Andi.

. Haris, Mohammad. 2011. Sistem Penunjang Keputusan Pembiayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Menggunakan Logika Fuzzy Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Skripsi. Jakarta.

. Kosasi, S. 2002. Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System). Pontianak

. Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi, Yogyakarta.

. Manurung, P.2011. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Dengan Metode AHP danTopsis. Skripsi Ilmu Komputer, Universitas Sumatra Utara.

. Monica Oktaviani, 2013. “Implementasi analytical hierarchy process (AHP) untuk pemilihan dan penghitungan volume cat tembok” Skripsi Ilmu Komputer, Stikom Surabaya.

. Saaty, L. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin, terjemahan Liana Setiono. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

. Sutabri, Tata. 2012. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

. Tangkas Lintang Prihsatya, 2013. “Sistem pendukung keputusan pemilihan furniture jati di jepara dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”. Skripsi Ilmu Komputer, Stikom Surabaya.

. Turban, E. 2005. Decision Support System and Inteligent Systems. Jilid 1. Edisi 7. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Hamdani, H Haviluddin, MS Abdillah. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani Jurnal Informatika Mulawarman 6 (3), 98-104


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)