Game Ed-Puzzle Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique

Agus - Ricyono, Zainal Arifin, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Game edukatif merupakan permainan yang bertujuan untuk merangsang daya pikir anak-anak di usia dini untuk berlatih awal dalam berfikir dan belajar memahami, menganalisa, mengamati berbagai jenis maupun bentuk dari beberapa jenis permainan edukatif yang ada. Kurangnya pengetahuan dan keingintahuan masyarakat umum pada bangunan yang memiliki nilai sejarah di Indonesia yang melatarbelakangi pembuatan game Ed-Puzzle. Penelitian ini mencoba untuk menerapkan metode SMART untuk menentukan score dari seberapa cepat dan akurat pemain menyelesaikan semua puzzle. Pemain akan mendapatkan score dari seberapa banyak pemain memindahkan puzzle, seberapa cepat pemain menyelesaikan puzzle dan seberapa akurat pemain dalam mejawab soal yang muncul. Pengembangan sistem ini menggunakan Unity3D sebagai tools pengembangan sistemnya dan C# sebagai bahasa pemrogramannya.


Keywords


SMART, simple multi attribute rating technique, unity3D, C#, android, sistem penunjang keputusan, puzzle, bangunan bersejarah, indonesia

Full Text:

PDF

References


Android.2018. http://www.android.com/history/. Di akses tanggal 31 Januari 2018.

ESRB, 2018. Entertainment Software Rating Board. http://www.esrb.org/ratings/ratings_guide.jsp#top. Diakses pada tanggal 31 Januari 2018.

Gunawan. B. 2017. “Pemilihan Pemain Terbaik Futsal Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Study Kasus: Turnamen Futsal di Samarinda”.

Gushelmi, 2012. Pemodelan UML Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis WAP. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

Husni, M. Radifan, K. 2011. “Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Lokasi Friend Finder Berbasis GPS pada Sistem Operasi Android”. Makalah Seminar Tugas Akhir. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Imaduddin. M. 2018. “Implementasi Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Untuk Menentukan Nilai Score Pada Game Edukasi Who Wants To Be Smart Berbasis Android”.

Mahafi dan Hermawan. 2013. “Game Edukasi Penyakit Malaria dan Cara pencegahannya”.

Novrianto. B, 2015. Perancangan Game Third Person Shooter “Worm Destroyer” Menggunakan Unity.

Pressman RS. 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Approach, 7th ed.Mc Grow Hill.

Sibero, I. C. (2009). Langkah Mudah Membuat Game 3D. Yogyakarta: MediaKom.

Syakir, A. A. 2015. “Bahasa Pemrograman C# Berbasis Windows Application Menggunakan Editor SharpDevelop 4.4 (Program Kalkulator Sederhana)”.

Wardhani, D. T. dan Fahrudin, A. 2009. “Pengaruh Video Games Pada Anak dan Peranan Pekerja Sosial”.

Yunitarini, R. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilian Penyiar Radio Terbaik. Jurnal Ilmiah Mikrotek Vol. 1, No. 1. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.