SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN PADA MOBIL STRADA TRITON MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR

Arham Fardholla Fikri, Joan Angelina Widians, Islamiyah Islamiyah

Abstract


Aplikasi sistem pakar ini dapat melakukan diagnosa kerusakan pada mobil Strada Triton dengan menggunakan perangkat komputer. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan aplikasi NetBeans untuk mendesain tampilannya, sementara metode yang digunakan adalah Certainty Factor/faktor kepastian. Terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh pengguna aplikasi sistem pakar ini, seperti melakukan konsultasi, melihat atau mencetak laporan konsultasi dan melihat daftar bengkel. Ketika melakukan konsultasi pengguna harus memasukkan ciri-ciri kerusakan sesuai apa yang terjadi pada mobil agar aplikasi dapat melakukan proses pencarian dan perhitungan sesuai dengan ciri-ciri kerusakan yang telah dipilih oleh pengguna, sehingga dari pencarian dan perhitungan tersebut  aplikasi dapat menyimpulkan kerusakan apa yang terjadi pada mobil yang disertai dengan nilai kepastian dan tindakan perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi.

Full Text:

PDF

References


. Arhami, M. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Penerbit Andi, Yogyakarta.

. Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5

. Hamdani, H Haviluddin, MS Abdillah. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani. Jurnal Informatika Mulawarman 6 (3), 98-104. [4]. Kadir, A. 2014. Buku Pertama Belajar Java Untuk Pemula. Penerbit Mediakom, Yogyakarta.

. Kusrini. 2006. Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

. Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

. Merlina, N. dkk. 2012. Perancangan Sistem Pakar. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

. Mulyono, D. 2008. Pembangunan Sistem Pakar Pada Perangkat Mobile dengan WML dan PHP untuk Menemukan Penyebab Kerusakan Mesin Isuzu Panther. Universitas AKI, Semarang

. Roger S, P. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak, Penerbit Andi, Yogyakarta.

. Rosa, dkk. 2010. Modul Pembelajaran Pemrograman Berorientasi Objek: dengan Bahasa Pemrograman C++, PHP, dan Java. Penerbit Informatika, Bandung.

. Safaat, N. H. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Penerbit Informatika, Bandung.

. Turban, E. dkk. 2005. Decision Support System and Intellegent Systems. Penerbit Andi, Yogyakarta.

. Yudistira, Y. 2011. Membuat Aplikasi Iphone Android & Blackberry itu Gampang. Penerbit Mediakita, Jakarta.

. Yuni. 2015. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mobil Pajero Sport pada PT. Sardana Indah Berlian Motor Dengan Metode Forward Chaining. STIMIK TIME, Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)