SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI MENARA BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) DENGAN METODE FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING (FMADM)

David Andica P Sinaga, Edy Budiman, Rofilde Hasudungan

Abstract


Menara Base Transceiver Station (BTS) merupakan sarana penting dalam sistem telekomunikasi modern. Penentuan lokasi BTS pada suatu wilayah tertentu sampai saat ini menjadi permasalahan klasik bagi suatu operator seluler. Salah satu cara yang dapat diusulkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah melalui metode fuzzy. Penelitian ini mengaplikasikan Fuzzy Multi Attribute Decision Making (MADM) untuk menentukan lokasi optimal pembangunan BTS. Metode Fuzzy MADM yang digunakan merupakan metode yang telah dikembangkan oleh Moon Hyun Joo dan Chang Sun Kang. Perancangan sistem pendukung keputusan ini menggunakan kriteriakriteria antara lain kepadatan penduduk yang ada, biaya instalasi menara, keterjangkauan lokasi dan jarak lokasi. Dari kriteria-kriteria tersebut dan dengan alternatif pilihan lokasi yang telah ditentukan sebelumnya akan diproes dan memperoleh satu lokasi alternatif yang optimum. Sistem ini mempunyai kemampuan menampung input kriteria yang diinginkan dari pengguna, alternatif lokasi dan pada akhirnya mampu memberikan tampilan visual berupa himpunan solusi terbaik dari beberapa alternatif yang diberikan menggunakan metode perangkingan Nilai Total Integral. Dari dua kasus pemilihan bupati yang diujikan ternyata hasil perangkingan tidak selalu sama tergantung dari tingkat keoptimisan (α) yang dipakai.

Full Text:

PDF

References


. Bahtiar, Nurdin dkk (Ed.). 2012. Sistem Pendukung Keputusan, Komputasi dan Simulasi. Yogyakarta : Graha Ilmu

. Joo, H.M; dan Kang, C.S. 2004. Application of Fuzzy Decision Making Method to the Evaluation of Spent Fuel Storage Options. South Korea.

. Kusumadewi, S., dan Purnomo, H. 2004. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Kusumadewi, S., Hartati .S, Harjoko .A, Wardoyo .R. 2006. Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Sprague, R.H. dan Carlson, E.D., 1982. Building Effective Decision Support Systems. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall.

. Tampubolon, M.V. 2010. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penyakit Diabetes Mellitus Dengan Metode Sugeno. Skripsi Ilmu Komputer, Universitas Sumatra Utara. [7]. Hamdani, Haviluddin, MS Abdillah. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani. Jurnal Informatika Mulawarman 6 (3), 98-104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)