Penerapan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) Berbasis Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Pemilihan Mobil Bekas

Basuki Rahmat Nugroho, Awang Harsa Kridalaksana, Haviluddin Haviluddin, Purnawansyah Purnawansyah

Abstract


Perdagangan pembelian kendaraan mobil untuk mendukung perpindahan dari satu tempat kepada yang lain merupakan salah satu alasan utama masyarakat dalam memilih mobil bekas. Harga mobil dalam kondisi baru terbilang tinggi maka tidak sedikit masyarakat lebih memilih mobil bekas. Pemilihan mobil memiliki beberapa faktor yang mesti dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan kriteria berbeda dari setiap individu. Kebutuhan tersebut sebagai latar belakang pembuatan sistem pendukung keputusan dalam pemilihan mobil bekas. Sistem akan menggunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) berbasis Simple Additive Weighting (SAW). Sistem dibuat dengan menggunakan database MySQL. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Hasil dari sistem ini akan memberikan rekomendasi pilihan mobil bekas untuk pelanggan berdasarkan kriteria yang dipilih.

Keywords


Pemilihan Mobil Bekas; Sistem Pendukung Keputusan; FMADM; SAW

Full Text:

PDF

References


Akrom, A. 2015. “Penerapan Fuzzy Multi Attribute Decision Making Dengan Metode Simple Additive Weighting”. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Diponegoro, Muhammad. 2009. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Perguruan Tinggi Bagi Siswa SMA Dengan Metode Fuzzy SAW”.

Fahrurrozi, Muhammad. dan Gautama, Tjatur. 2015. “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Dengan Algoritma Simple Additive Weighting dan Fuzzy Logic”. Jurnal Informatika, Vol. 9 No. 2.

Hammim, 2014. Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Yogyakarta.

Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language); Jurnal INFORMATIKA Mulawarman, Pebruari 2011, Vol. 6, No. 1, pg. 1-14

Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5.

Hery, S. 2013. Sistem Penunjang Keputusan untuk Menentukan Pelanggan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. Pelita Informatika Budi Darma. Volume IV, No.2, Agustus 2013. ISSN : 2301-9425.

Indrajani.2014. Database System Case Study All in One. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Kadir, 2008. Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL, C.V. Andi Offset. Yogyakarta.

Madcoms, (2011). Aplikasi web database dengan dreamweaver dan PHP - MySQL, Yogyakarta penerbit Andi.

Nurmadewi, D. 2016. Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Mobil Bekas Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weigting). Skripsi. Program Studi Sistem Informasi, Universitas Jember.

Raharjo, B. 2016. Modul Pemrograman WEB. Bandung: Modula.

Rizal, A. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan Metode SAW (Simple Additive Weigting).

Widodo, 2011. Menggunakan UML, unfied Modeling Language. Bandung:Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.