Analisis Kualitas Teknologi 4G Terhadap Varian Internet Service Provider (ISP) Di Kota Samarinda Menggunkan Standarisasi Lirneasia

Riska Adi Saputra, Edy Budiman, Medi Taruk, Hario Jati Setyadi

Abstract


Dalam menggunakan Internet Service Provider yang telah menyediakan Teknologi jaringan 4G, masyarakat terkadang tidak mengetahui apakah Provider yang mereka gunakan telah memiliki jaringan 4G yang stabil. Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian terhadap kualitas jaringan 4G pada Provider Telkomsel, XL Axiata, dan 3Tri pada 10 daerah di Samarinda yaitu Jl.Pramuka, Jl.M. Yamin, Jl.Anggur, Jl.Juanda, Jl.Antasari, Jl.A.Yani, Jl.Gajah Mada, Jl.Lambung, Jl.Gatot Subroto, Jl.Kusuma bangsa Dengan menggunakan standar Quality of Service dari LIRNEasia. Hasil  penelitian, bahwa provider Telkomsel adalah provider terbaik karena telah memenuhi Variable Quality of Service dari LIRNEasia yang berupa Latency/Delay, Packet Loss, Jitter, dan Availability LIRNEasia pada 8 lokasi pengujian yaitu pada Jl. Pramuka, Jl.M.Yamin, Jl.Anggur, Jl.Juanda, Jl.Antasari, Jl.A.Yani, Jl.Lambung Mangkurat, dan Jl.Kusuma Bangsa dengan nilai rata Latency/Delay dibawah 300ms, Packet Loss di bawah 3%, Jitter di bawah 50 ms , dan Availability diatas 98%.

Keywords


Internet Service Provider, Teknologi 4G, LIRNEasia

Full Text:

PDF

References


Wardhana, Lingga., 2010. Teknologi Wireless Communication dan Wireless Broadband. yogyakara: ANDI OFFSET.

Fadhli., 2012. Analisis Penerapan Teknologi Jaringan LTE 4G di Indonesia. Vol.10, No.2, Majalah Ilmiah Unikom.

Rahayu, Yuniar, Edy Budiman, dan Medi Taruk. 2017. “Analisis Performa Jaringan Telkomsel Di Kota Samarinda.” 2(2):8790.

Putri, Melinda Permata, Edy Budiman, dan Medi Taruk. 2017. Analisis Pengukuran Kualitas Jaringan Pada Beberapa Operator Seluler di Kota Samarinda. SNITT POLTEK BALIKPAPAN.

Purnama, Andri Chandra, Edy Budiman, dan Pohny. 2017. Kinerja Jaringan Internet Service Provider (ISP) Pada Aplikasi Multimedia Streaming di Kota Samarinda. Vol. 2, No2. SAKTI.

William. 2014. Analisis Kualitas Layanan Jaringan Internet (Studi Kasus PT. Kawanua Internetindo Manado). ISSN: 2301-8402. e-journal Teknik Elektro dan Komputer.

Edy Budiman. 2016. Analisis Spasial Data Jaringan Internet Service Provider di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda Berbasis Mobile. ISSN: 2087-1716. Jurnal Ilmiah ILKOM.

Iskandar, Iwan, Alvinur Hidayat. 2015. Analisa Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Kampus (Studi Kasus: UIN Suska Riau). Vol. 1, No. 2. Jurnal CoreIT.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.