Teknik Load Balancing Menggunakan Metode Equal Cost Multi Path (ECMP) Untuk Mengukur Beban Traffic Di Diskominfo Tenggarong

Ali Husni, Edy Budiman, Medi Taruk, Hario Jati Setyadi

Abstract


Untuk mengetahui beban traffic yang ada di diskominfo tenggarong. Penelitian ini tujuan yang ingin dicapai yaitu dengan pembagian jalur koneksi yang seimbang, maka diharapkan traffic dapat berjalan optimal, memaksimalkan throughput, memperkecil waktu tanggap dan menghindari overload pada salah satu jalur koneksi, menggunakan teknik load balancing dengan metode equal cost multi path (ECMP) pada diskominfo tenggarong. Pengujian parameter yang dilakukan ada 3, (1) Quality Of Service, (2) Round Trip Time, (3) Failover. Metodologi penelitian yang digunakan adalah menggunakan PPDIOO, (prepare, plan, design, implement, operate, and optimize). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa, ISP 1 dengan kecepatan internet untuk download 7.36 megabit/s dan untuk upload 1.62 megabit/s. ISP 2 dengan kecepatan download 6.85 megabit/s dan untuk upload 2.24 megabit/s. Hasil pengujian quality of service, variabel jitter dengan niilai rata-rata 1,24 ms "Katagori Bagus". Variabel packet loss dengan niilai rata-rata 0,33% "Katagori Sangat Bagus". Variabel throughput 121% "Katagori Sangat Bagus". Berdasarkan standar TIPHON. Dengan nilai rata-rata pengujian quality of service adalah 40,8567 standar TIPHON "Sangat Memuaskan". Dalam pengujian round trip time, mempunyai nilai rata-rata 41,77777778 dan jumlah request time out (RTO) adalah 2. Hasil pengujian failover dihari senin,selasa dan rabu berhasil.

Keywords


ECMP, PPDIOO, Traffic, Diskominfo Tenggarong

Full Text:

PDF

References


Yuliana, E. 2012. Tugas Kuliah. Mengimplementasikan Load Balancing Untuk Mengoptimalkan Jaringan. [online], dalam : http://tugaskuliahesti.blogspot.co.id/2012/08/load-balancing_3381.html [diakses pada 02 oktober 2017].

Zamzami, N. F. 2011. Implementasi Load Balancing Dan Failover Menggunakan Mikrotik Router Os Berdasarkan Multihomed Gateway Pada Warung Internet ”Diga”. [pdf]. Politeknik Tilkom, 1-12.

Oktavianus, Y. L. 2013. Membangun Sistem Cloud Computing Dengan Implementasi Load Balancing Dan Pengujian Algoritma Penjadwalan Linux Virtual Server Pada Ftp Server. [pdf]. Jurnal Nasional Teknik Elektro, 1-6.

Akbar, S. S. 2017. Analisa Dan Perancangan Load Balancing Pada Jaringan Komputer Di Gedung DPR-RI Jakarta. [pdf]. Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi (KNiST), 1-6.

Aldila, H. A. 2016. Analisis Perbandingan Implementasi Load Balancing PCC (Per connection classifier), NTH dan ECMP (Equal Eost Multi Path). [pdf]. Jurnal Aksara Elementer Politeknik Caltex Riau, 1-8.

Annisa, 2016. Analisis Qos (Quality Of Service) Pada Layanan Video Streaming Yang Menggunakan Protokol Rtmp (Real Time Messaging Protocol). [pdf]. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo, Kendari, 1-12.

Yohanes, I.F. 2016. Analisis Optimasi Kinerja Quality Of Service Pada Layanan Komunikasi Data Menggunakan Ns-2 Di Pt. Pln (Persero) Jember. [pdf] Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Jember, 1-8.

Admin, Konfigurasi Load Balancing + Fail Over Pada Router Mikrotik (ECMP). [online]. dalam : http://www.ilmujaringan.com/konfigurasiload-balancing-router-mikrotik-ecmp/ [diakses pada 15 oktober 2017].

Agustin, Y. H. 2015. Rancang Bangun Dan Implementasi Server Voip Dengan Memanfaatkan Ip Publik (Studi Kasus : Smk Negeri 2

Tasikmalaya). [pdf]. Eksplora Informatika, 63-71.

Sulistyo, D. D. 2107. Implementasi Algoritma Hierarchical Token Bucket Sebagai Optimasi Quality Of Service Pada Pt. Karya Mandiri Satya [pdf]. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi, 1-8.

M. Taruk and A. Ashari, “Analisis Throughput Varian TCP Pada Model Jaringan WiMAX,” Ijccs, vol. 10, no. 2, pp. 115–124, 2016.

A. C. Purnama and E. Budiman, “Kinerja Jaringan Internet Service Provider ( Isp ) Pada Aplikasi Multimedia Streaming Di Kota Samarinda,” vol. 2, no. 2, pp. 65–69, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.