Penerapan Metode Trend Moment Untuk Forecast Penjualan Barang di Indomaret

Edy Purnomo, Abdul Najib, Yusni Nyura

Abstract


Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas area penjualan kurang dari 200 m2. Toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988, dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama. Di cabang Samarinda sampai sekarang terdapat 170 toko yang tersebar di Kalimantan Timur dan akan terus bertambah. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya gerai toko Indomaret di Kalimantan Timur, permintaan konsumen terhadap suatu barang sangatlah pesat sehingga membuat perusahaan harus dapat merencanakan penjualan barang untuk memenuhi permintaan konsumen agar dapat meminimalkan pengeluaran dana dalam menyuplai barang dari gudang. Pada penelitian ini menggunakan Metode Trend Moment untuk meramalkan penjualan bulan Desember dari bulan Mei hingga November pada Toko TD9I – CIPTO2 dan Prdcd 10003517. Dari hasil peramalan menggunakan Metode Trend Moment pada bulan Desember mengalami Trend Positif dimana penjualannya adalah 436,17.


Keywords


Metode Trend Moment, Forecasting, Data Mining

Full Text:

PDF

References


Kusrini dan E.T. Luthfi, Algoritma Data Mining. Yogyakarta : Andi, 2009.

Jananto, A. Penggunaan Market Basket Analysis untuk Menentukan Pola Kompetensi Mahasiswa Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 17, No.2, Juli 2012, Halaman 82-89.

Ocki Eriyanto. Perancangan Aplikasi Forecasting Persediaan Bahan

Roy Sumaryono, Penerapan Metode Trend Moment Dalam Forecast Baku Produksi Tapioka pada PT HUTAHAEAN dengan menggunakan Penjualan Beton READYMIX di PT. X MOJOKERTO, STIE Metode LEAST SQUARE. Volume : VIII, No.3, Desember 2014 Mahardhika, 2014, Hal 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.