Perbandingan Metode SAW dan TOPSIS untuk penentuan Dosen Terbaik pada Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda

Aldy Gustiannur Rachmat, Bedi Suprapty, Bedi Suprapty, Abdul Najib

Abstract


Dosen merupakan pendidik dan ilmuwan yang bertugas menyebar luaskan ilmunya melalui pendidikan penelitian dan pengabdian, hal ini tertuang dalam Undangundang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.. Menurut Undang-undang Republik Indonesia No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 51 Ayat (1) Butir b, bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan dosen berhak mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas prestasi kerja. Untuk menentukan keputusan terhadap prestasi dosen atau menentukan dosen terbaik dibutuhkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK), dalam menentukan dosen terbaik dibutuhkan alternatif yang sesuai, untuk itu alternatif ditentukan berdasarkan referensi yang berasal dari jurnal maupun pihak manajemen kampus. Adapun alternatif yang digunakan dalam menentukan dosen terbaik adalah Kewibawaan, Disiplin, Penguasaan Materi, Pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran, Penelitian Nasional, Penelitian Internasional dan Pengabdian.  Dalam menentukan keputusan pada suatu masalah berdasarkan analisa pribadi tanpa suatu metode biasanya tingkat kesalahan yang diperoleh tinggi sehingga hal ini membahayakan dan berujung pada penyesalan.  Ada banyak metode yang dapat digunakan dalam SPK namun yang sering digunakan yakni Simple Additive Weighting (SAW) dan Topsis. Karena itu untuk mengetahui metode yang baik dari 2 metode tersebut, maka untuk membandingkan kedua metode dilakukan perhitungan rentang nilai antar kedua metode.


Keywords


SAW, TOPSIS, Perbandingan, Kompaarasi, Sistem Pendukung Keputusan

Full Text:

PDF

References


Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi: Kementrian Ristek dan Dikti Direktorat Jenderal Sumber daya Iptek dan Dikti 2017.

Pedoman Pemilihan Dosen berprestasi kategori Sains Teknologi dan Sosial Humaniora. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi, 2017.

A. B. S. Fatkur Rohman, "Sistem Penilaian Dosen Teladan menggunakan

Metode SAW (Simple Additive Weighting)

Di Universitas Nusantara PGRI Kediri," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, p. 6, 6-8 Februari 2015.

S. A. W. Muhammad Hamka, "Sistem Pendukung Keputusan Dosen Berprestasi Berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat," Prosiding Seminar Hasil Penelitian LPPM UMP, p. 9, 6 September 2014.

S. H. Sri Kusuma Dewi, Agus Harjoko, Retantyo Wandoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Yogyakarta Andi, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.