Penerapan Metode AHP-TOPSIS Pada Penerimaan Beasiswa Bidik Misi Di Politeknik Negeri Samarinda

Rinda Aulia Utami, Abdul Najib, Yusni Nyura

Abstract


Beasiswa adalah pemberian bantuan berupa keuangan yang diberikan kepada mahasiswa yang bertujuan untuk membantu meringankan beban mahasiswa yang kurang mampu ataupun yang berprestasi selama masa studinya. Dalam menentukan penerima beasiswa telah menggunakan komputer akan tetapi penggunaannya belum terlalu optimal, hal ini menyebabkan pengelolaan data beasiswa menjadi tidak efisien dari segi waktu dan perulangan yang akan diproses. Dalam masalah ini maka dibuat suatu sistem dengan tujuan untuk mengambil suatu keputusan dengan metode AHP-TOPSIS. Metode AHP digunakan untuk menentukan bobot kriteria, sedangkan metode TOPSIS proses pengurutan peringkat alternatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengurutan prioritas calon penerima beasiswa bidik misi menghasilkan urutan peringkat yang berbeda antara metode AHP dan metode AHP-TOPSIS. Metode AHP-TOPSIS memiliki nilai rentang antara nilai tertinggi ke nilai yang terendah pada metode AHPTOPSIS lebih jauh yaitu 57.52% sedangkan AHP yaitu 2.32%. Dengan menggunakan metode AHP-TOPSIS perbandingan berpasangan jauh lebih kurang dibandingkan dengan metode AHP, dan langkah pengerjaannya lebih mudah dilakukan dengan menggunakan metode AHP-TOPSIS.

Keywords


Beasiswa, Bidik Misi, Metode AHP-TOPSIS

Full Text:

PDF

References


Kusrini., 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. ANDI : Yogyakarta.

Juliyati, Mohammad Isa, Imam M., 2011. Pemilihan Guru Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS. Falkultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, pp.63-68.

Trianto, 2013. Penentuan Peminatan Peserta Didik Menggunakan Metode AHP-TOPSIS (Studi Kasus SMA Negeri 6 Semarang). Teknik Informatika, Universitas Dian Nurwantoro Semarang.

Nanik Hidayati, Kusrini, Emha Taufiq., 2016. Sistem Pendukung Keputusan Metode AHP dan AHP TOPSIS untuk penentuan staf kurikulum sekolah. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. ISSN : 2302-3805

Ghulam Mahmudi, Imam Cholissodin, M. Tanzil Furqon., 2016. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Rekomendasi Wirausaha Menggunakan Metode AH-TOPSIS (Studi Kasus Kab. Probolinggo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 1, No 11, e-ISSN : 2548-964X


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.