Perbandingan Metode SAW dan Topsis Pada Penerimaan Siswa Praktek Kerja Lapangan

Achmad Azhar Azhari, Yusni Nyura, Abdul Najib

Abstract


Dalam hal penerimaan siswa praktek kerja lapangan(PKL) diperlukan beberapa pertimbangan mulai dari standarisasi nilai, persyaratan masuk, dan kebijakan-kebijakan dari  Institusi BUMN TELKOM. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan beberapa siswa yang layak untuk PKL di kantor TELKOM maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Metode yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan adalah dengan menggunakan Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Jumlah alternatif siswa sebanyak dua puluh lima. Setelah semua nilai kriteria dimasukan maka hasil pengolahan dengan metode SAW dan TOPSIS akan diranking dan rangking tertinggi akan dibandingkan. Hasil perbandingan dari kedua metode tersebut, nantinya akan digunakan untuk penenutuan siswa Praktek Kerja Lapangan di Kantor Plasa Telkom Samarinda


Keywords


SPK, Metode SAW, Metode TOPSIS, Siswa PKL

Full Text:

PDF

References


A. B. Primahudi, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting Di PT. Herba Penawar Alwahida Indonesia," Pelita Informatika Budi Darma, vol. 9, p. 6, 2016.

E. Jayanti, "Penerapan Metode Simple Additive Weighting Dalam Sistem Pendukung Keputusan Perekrutan Karyawan (Study Kasus: PT. Perkebunan Nusantara III Medan)," Pelita Informatika Budi Darma, vol. 9, p. 6, 2015.

N. Hastuti, "Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Pembelian Jenis Mobil Dengan Menggunakan Metode TOPSIS”, vol.4, ," Pelita Informatika Budi Darma, vol. 4, p. 5, 2013.

Frieyadie, "Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan," Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, p. 9, 2016.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. Fuzzy MultiAttribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu,

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung keputusan. Andi Offset,Yogyakarta, 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.