Sistem Kendali Dan Monitoring Dengan Komunikasi Serial Bluetooth Pada Smart Home Menggunakan Arduino - Fuzzy Logic

Nur Yanti

Abstract


Penerapan sistem smart home memudahkan dalam mengendalikan dan mengawasi seluruh ruangan yang ada di rumah, terutama saat penghuni berada di luar rumah. Namun sistem smart home saat ini masih menggunakan bentuk instalasi kabel konvensional, dimana jumlah kabel yang sangat banyak, karena sistem  hardware yang terpusat dan output yang di hasilkan berjauhan letaknya. Sehingga dirancang sistem pengontrol serta monitoring secara wireless (tanpa kabel) menggunakan bluetooth dengan kontroler ardino uno dan metode fuzzy. Dengan logika fuzzy dapat mengestimasi jarak pemasangan bluetooth untuk kondisi tanpa halangan atau dengan halangan, serta kondisi sensor gas dan asap, sehingga pemasangan bluetooth dapat dilakukan dengan tepat agar konektivitas bluetooth dapat stabil serta dapat memberikan informasi terkait status keamanan rumah dari bahaya kebakaran atau sebagai deteksi dini dari adanya kebocoran gas dan asap. Metodelogi yang digunakan meliputi studi literatur, perancangan, pembuatan, pengujian, penerapan dan pengambilan keputusan dari sistem kendali dan monitoring yang dirancang. Hasil penelitian sistem smart home yang dirancang menggunakan teknologi bluetooth dengan metode logika fuzzy  mampu memberikan informasi terkait status keamanan rumah terutama ketika rumah dalam keadaan kosong.

Keywords


Arduino, Bluetooth, Smart Home, Fuzzy Logic

Full Text:

PDF

References


Nur Yanti. "Aplikasi Bluetooth Sebagai Interfacing Kendali Pada MultiOutput Pada Smart Home", Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA) 2017 P.IV32-40.

Fathur. Z.R, N. Yanti, Qory. H. "Human Machine Interface Pada Pemantauan Dan Kendali Perangkat Ruang Melalui Jaringan Sensor Nirkabel". Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA) 2017 P.V73-82

Fathur. Z.R, Armin, N. Yanti, Qory. H. "Implementasi Jaringan Sensor Nirkabel Zigbee Menggunakan Topologi Mesh Pada Pemantauan Dan Kendali Perangkat Ruang". Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer Vol.4, No.3, 2017 hal. 201-206.

Muhammad. P.T, Kadwi. S, Danang. A.N. "Monitoring Dan Kendali Peralatan Elektronik Menggunakan Logika Fuzzy Melalui Website

Dengan Protokol HTTP". Jurnal SMARTICS Vol.2 No.2, 2016 hal 4954.

Nur Yanti. "Sistem Kendali Robot Line Follower Menggunakan Metode Fuzzy", Majalah Teknik Industri Politeknik ATI Makassar Vol.25, No.2, 2017 hal. 33-38.

Nana. A.M, Mochammad. H.H, Issa. A. "Implementasi Logika Fuzzy Untuk Purwarupa Pengkondisian AC dan Lampu Otomatis Pada Sebuah Ruangan". Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol.2 No.4. April 2016 hal 1553-1562.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.