Optimasi Manuver Lepas Landas Pada Quadcopter Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Propagasi Balik

Adinda Putri Pratiwi, Agusma Wajiansyah, Achmad Fanany Onnilita Gaffar

Abstract


Quadcopter merupakan pesawat tanpa awak yang digerakan menggunakan propeller pada keempat sisinya. Saat melakukan lepas landas Quadcopter tidak stabil dikarenakan beberapa faktor salah satunya adalah nilai dari sudut-sudut rotasi pada Quadcopter tidak tepat. Oleh karena itu dibutuhkan kendali agar saat melakukan gerakan lepas landas Quadcopter stabil. Kendali yang dipilih merupakan JST-BP.  Percobaan dilakukan dengan mengakuisisi data latih menggunakan orde satu, dua, dan tiga. Setelah didapat hasilnya lalu data di latih dengan jumlah neuron yang berbeda yaitu 50, 70, dan 100. Selanjutnya dilakukan pengujian pada system Quadcopter, pengujian dilakukan dengan berbagai macam nilai ketinggian yaitu, 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, dan 15. Output keluaran dari percobaan tidak sesuai dengan input yang ditetapkan.

Keywords


Optimasi Lepas Landas, Quadcopter, JST-BP

Full Text:

PDF

References


Harandi, F.J. Khorani, Vahid, dan Shahri.A. Mohammad. 2010. Modeling, Simulation and Implementation of a Quadrotor. RoboCup Iran Open 2010 Symposium. Iranian RoboCup National Committee. Teheran. Iran.

Kusuma W, Effendi. R, Iskandar E. 2012. Perancangan dan Implemnetasi Kontrol Fuzzy-PID pada Pengendalian Take-Off Quadcopter UAV. Jurnal Teknik Pomits Vol.1, No.1.

Djalal M, Hutoro K, Imran A. 2017. Kontrol Kecepatan Motor Induksi Menggunakan Algoritma Backpropagation Neural Network. Jurnal ELKOMIKA. Vol. 5. No.2

Wiryadinata R, Ratnawati D. 2005 Simulasi Jaringan Syaraf Tiruan Berbasis Metode Backpropagation Sebagai Pengendali Kecepatan Motor DC. 2005. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.

Setyawan G, Setiawan E, Kurniawan W. 2015. Sistem Kendali Ketinggian Quadcopter Menggunakan PID. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 2. No. 2

Hamdani C, Effendie R, Iskandar E. 2013. Perancangan Autonomus Landing pada Quadcopter Menggungakan Behaviour-Based Intelligent Fuzzy Control. Jurnal Teknik Pomits Vol. 2, No.2

Bresciani, Tomasso. 2008. Modelling, Identification and Control of a Quadrotor Helicopter. Master Thesis, ISSN 0280-5316, Lund University Department of Automatic Control- Sweden.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.