Perbandingan Metode AHP dengan AHP-TOPSIS untuk Penentuan Kelayakan Pengisian Bibit Ayam Broiler di Kandang

Sri Ayu Susanti, Abdul Najib, Mulyanto Mulyanto

Abstract


Ternakan ayam broiler merupakan salah satu jenis usaha yang dipilih masyarakat karena lajunya perputaran modal, tetapi dalam usaha ini dibutuhkan modal yang lumayan besar maka dari itu, sebagian dari masyarakat memutuskan untuk bekerjasama dengan perusahaan. Dalam pengisian bibit ayam broiler kondisi kandang yang menentukan kelayakan pengisian bibit ayam, pada penentuan kelayakan kandang pihak perusahaan belum menggunakan sistem sehingga tingkat keakuratan penentuan masih rendah. Dalam penelitian ini akan membandingkan dua metode yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Tecnique For Oder Preferance by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS),  penelitian menggunakan empat kriteria yaitu kebersihan, kelengkapan, suhu dan kelembapan. Dari hasil perbandingan perankingan kedua metode memiliki hasil yang berbeda, dimana AHP memiliki nilai yang tertinggi A3 dengan nilai 0.1591 dan AHP-TOPSIS A4 dengan nilai 0.2319, rentang penilaian AHP-TOPSIS lebih jauh yaitu 20.54% dibandingkan dengan AHP murni yaitu 2.26%. 


Keywords


Kandang, AHP, TOPSIS

Full Text:

PDF

References


J. Fransdesker, S. Primaini, N. Suhandi, “ Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pakan Terbaik Pembesaran Ikan Lele Sagkuriang Hemat Biaya Menggunakan Metode TOPSIS,” Jurnal Informatika Global, Vol 6, No 1, pp. 13-19, Desember 2015.

Gunawan, F Halim, Wilson, “Penerapan Metodde TOPSIS dan AHP Pada Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Anggota Baru,” JSM STIMIK Mikroskil, Vol 15, No 2, pp. 102-110, November 2014.

Turban E, 2005, Decision Support System and Intelligent System, Penerbit ANDI Yogyakarta

Kusumadewi S., Hartati S., Harjoko A ., Wardoyo R., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Penerbit GRAHA ILMU, Yogyakarta

Kusumadewi S., Hartati S., Harjoko A ., Wardoyo R., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Penerbit GRAHA ILMU, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.