Optimalisasi Live Audio Streaming Shoutcast Dnas Server Dengan Metode Qos Di Lingkungan Radio Komunitas Kampus Polnesia

Nasikin Nasikin, Zainul Rohman, Ahmad Rofiq Hakim

Abstract


Terbatasnya cakupan siaran radio konvensional, tidak menjadi hambatan dalam penyampaian informasi. Live streaming yang dapat berjalan Multi Platform menjadi pilihan. Akan tetapi, kualitas dari live streaming yang kurang baik, seperti kualitas suara kurang jelas, delay, buffering, jitter dan throughput tidak stabil kadang menjadi kendala dalam penyampaian informasi. Pemenuhan standart Quality of Service (QoS) menjadi titik penting dalam pemenuhan layanan ini. Adapun proses optimalisasi dilakukan dengan menghitung Delay, Mengukur Throughput dan variasi Jitter pada server streaming radio. Setelah itu dilakukan pengujian kondisi jaringan internet untuk mengetahui seberapa besar bandwith yang di alokasikan. Kondisi yang sedang berjalan selama ini, server Streaming menggunakan pengaturan encoder MP3 32kbps yang memiliki kualitas suara kurang baik dan memiliki kelemahan hanya bisa di jalankan oleh aplikasi Winamp. Sedangkan untuk hasil terbaik dilakukan Optimalisasi (Hasil dari penghitungan QoS, Pengujian Real / Nyata dan Survey MOS) pengaturan encoder mp3 stereo 128 Kbps memiliki kualitas sangat baik dan hasil live streaming terpantau stabil serta dapat langsung di dengarkan multi platform maupun di dalam halaman web sekalipun.

Keywords


Optimalisasi, Live Streaming; QoS; Performansi; radio internet.

Full Text:

PDF

References


Muchlis Ginanjar, “ANALISA RADIO STREAMING/RADIO INTERNET,” Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik-Universitas Pakuan, 2013. (references)

Nasikin, “Pembuatan Live Audio Streaming Berbasis Open Source Pada PT. Radio POLNESWARA Kota Samarinda,” Samarinda: Perpustakaan POLNES, 2010. (references)

Rahmad Saleh Lubis, and Maksum Pinem, “IMPLEMENTASI RADIO KAMPUS PADA JARINGAN LOKAL POLITEKNIK TELKOM,” Konsentrasi Teknik Telekomunikasi, Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU), 2014. (references)

Seto Ayom Cahyadi*), Imam Santoso, and Ajub Ajulian Zahra, “ANALISIS QUALITY OF SERVICE (QOS) PADA JARINGAN LOKAL SESSION INITIATION PROTOCOL (SIP),” Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang Jl. Prof. Sudharto, SH, kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, 2013. (references)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.