Validasi Pencarian Kata Kunci Menggunakan Algoritma Levenshtein Distance Berdasarkan Metode Approximate String Matching

Nurul Fadhillah, Huzain Azis, Dirgahayu Lantara

Abstract


Untuk mengatasi kesalahan dalam pencarian kata kunci perlu dilakukan optimasi proses pencarian pada aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) digital. Namun, tidak sedikit ditemui kesalahan dalam menuliskan kata kunci sehingga menghasilkan keluaran yang tidak sesuai dengan keinginan pengguna. Dalam hal ini diperlukan sistem yang dapat melakukan koreksi hasil pencarian kata kunci pada aplikasi KBBI digital dalam bentuk validasi hasil pencarian. Penelitian ini menggunakan metode Approximate String Matching pada algoritma Levenshtein Distance. Pada metode ini, akan diketahui jarak Levenshtein yang menjadi nilai kemiripan suatu objek bertipe string. Untuk mendapatkan nilai kemiripan dilakukan dengan menghitung jarak antar dua string dengan menghitung jumlah operasi yang terjadi seperti penambahan, penghapusan atau pengurangan karakter. Semakin rendah nilai jarak antar dua string maka semakin tinggi tingkat kemiripan kedua string tersebut dan sebaliknya. Seperti pada tingkat kemiripan antara string “varitas” dengan string “varietas” memiliki tingkat kemiripan dengan melihat Levenshtein Distance sama dengan 1 karena hanya mengalami operasi 1 kali yaitu operasi penambahan karakter dan nilai akurasi similaritas sama dengan 88 %.


Keywords


KBBI Digital; levenshtein distance; approximatte string matching; pencarian;

Full Text:

PDF

References


Y. Rochmawati and R. Kusumaningrum, “Studi Perbandingan

Algoritma Pencarian String dalam Metode Approximate String

Matching untuk Identifikasi Kesalahan Pengetikan Teks,” vol. 7, pp.125–134, 2016.

M. O. Braddley and M. Fachrurrozi, “Koreksi Ejaan Kata Berbahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Levensthein Distance,” vol. 3, no. 1, pp. 167–171, 2017.

I. Bagus and K. Surya, “Implementasi Algoritma Levenshtein Pada Sistem Pencarian Judul Skripsi / Tugas Akhir,” vol. 11, pp. 46–53, 2017.

M. Rubio, A. Alba, M. Mendez, and E. Arce-santana, “2013

Iberoamerican Conference on Electronics Engineering and Computer Science A Consensus Algorithm for Approximate String Matching,” J. Mater. Process. Tech., vol. 7, pp. 322–327, 2013.

R. B. Aplikasi, Z. Afriansyah, and D. Puspitaningrum, “Menggunakan Algoritma Levenshtein Distance ( Studi Kasus : DNA Kanker Hati Manusia ),” vol. 3, no. 2, pp. 61–67, 2015.

A. S. Dewi Rokhmah Pyriana , Suprapto, “Program Aplikasi Editor Kata Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Approximate String Matching Dengan Algoritma Levenshtein Distance Berbasis Java,” pp. 1–10, 2012.

M. Ben, “Adaptating the levenshtein distance to contextual spelling correction,” vol. 12, no. 1, pp. 127–133, 2015.

J. Informatika, F. Matematika, and P. Alam, “Menggunakan Levenshtein Distance Pada Layout Qwerty,” no. Selisik, pp. 171–176, 2016.

B. P. Pratama, “Analisis Kinerja Algoritma Levenshtein Distance,” no. 2, pp. 131–143, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.