Analisis Penerapan Perbandingan Metode Profile Matching Dan Simple Additive Weigthing Pada Kasus Pemilihan Bibit Unggul Kelapa Sawit

Muhammad Isfan Fajar, Fahrul Agus, Haviluddin Haviluddin

Abstract


Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas unggulan di Kalimantan Timur. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk melakukan pemilihan bibit unggul kelapa sawit sehingga perlu dilakukan perbandingan untuk mencari metode yang terbaik. Pemilihan bibit unggul kelapa sawit dapat dilakukan dengan memandang beberapa kriteria yaitu panjang pelepah, lebar pelepah, luas anak daun, jumlah anak daun, diameter batang dan rasio bunga. Penelitian ini membandingkan metode sistem pendukung keputusan yaitu Profile Matching dan Simple Additive Weighting berdasarkan beberapa kriteria tersebut untuk mendapatkan sebuah metode yang lebih baik digunakan dalam pemilihan bibit unggul kelapa sawit. Metode akurasi dihitung menggunakan forecast error dengan membandingkan data asli dan data hasil perhitungan metode. Hasil akurasi dibandingkan menggunakan uji banding nilai t berpasangan. Hasil uji banding adalah metode Profile Matching (PM) sebesar 83.11533% dan Simple Additive
Weighting (SAW) sebesar 82.73733%. Berdasarkan hasil uji banding menggunakan SPSS, kedua metode memiliki tingkat kemiripan data yang signifikan sehingga keduanya dapat
digunakan untuk pemilihan bibit unggul kelapa sawit.

Keywords


spk; profile matching; saw; forecast; uji t; kelapa sawit;

Full Text:

PDF

References


Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. 2017. Statistik

Perkebunan Kalimantan Timur 2016. Samarinda.

Turban, E. 2005. Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdars. Yogyakarta: Andi.

Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset.

Satria, D. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemberian Kredit Angsuran Sistem Fidusia (KREASI) dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) dan Metode TOPSIS(Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution) .

Annastasya, L dan Radiant., V.I. 2015. Sistem Informasi Meramalkan Penjualan Barang Dengan Metode Double Exponential Smoothing (Studi kasus: PD. Padalarang Jaya) . Jurusan S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Hayu, R. dan Ismail, Z. 2015. Penentuan Nilai Acuan Uji Banding Antar Laboratorium Kalibrasi untuk Kalibrasi Mikropipet Berdasarkan Konsensus. Banten.

Nurhayati, I. K., Refi Rifaldi Windya Giri. 2014. Analisis Perbandingan Nilai TOEFL dengan Nilai Mata Kuliah Bahasa Inggris Mahasiswa. Bandung: Universitas Telkom.

Sambas Ali Muhidin. 2013. Tingkat Signifikansi dan Tingkat

Kepercayaan.h http://sambas.staf.upi.edu/2013/01/22/tingkat-

signifikansi-dan-tingkat-kepercayaan/. Diakses pada 26 Mei 2018.

Ikhsan dan Hendra Kurniawan. 2015. Implementasi Sistem Kendali Cahaya dan Sirkulasi Udara Ruangan dengan Memanfaatkan PC dan Mikrokontroler ATMEGA8. Padang: TEKNOIF. Volume 3 No. 1 April 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.