Analisis QoS Jaringan Internet Menggunakan Metode RMA (Reliability, Maintainability, Availability) di Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur

Roy Apriliano Raintung, Nataniel Dengen, Novi Indrayani

Abstract


Jaringan internet merupakan salah satu faktor pendukung dalam proses belajar dan mengajar. Balai Pelatihan Kesehatan (BAPELKES) Provinsi Kalimantan Timur merupakan
instansi pemerintah dibawah Dinas Kesehatan yang melakukan pelatihan kesehatan bagi aparatur dan tenaga kerja kesehatan. Dalam proses belajar mengajar di BAPELKES dibutuhkan jaringan internet yang baik untuk mendukung proses belajar mengajar dimana para peserta pelatihan disarankan untuk mengunduh modul-modul yang telah disediakan secara online. Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian terhadap Quality of Service jaringan internet di ruangan-ruangan yang ada di BAPELKES untuk mengetahui kualitas jaringan yang ada dan telah diperbarui. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pada pengukuran dengan skema jaringan yang terbaru lebih baik dibandingkan dengan sebelum dilakukan penambahan access point, penambahan bandwith dan pemasangan Mikrotik. Hasil pengujian Quality of Services, rata-rata nilai throughput stabil, nilai delay rata-rata <150 ms “Kategori Sangat Bagus”, nilai packet loss rata-rata <5% “Kategori Bagus” menurut standarisasi TIPHON serta hasil pengujian RMA pada minggu kedua dan ketiga availability 100% yaitu sangat bagus.

Keywords


Quality of Service; RMA; Jaringan; Balai Pelatihan Kesehatan; TIPHON

Full Text:

PDF

References


Husni, Ali. 2018. Skripsi Teknik-Load Balancing Menggunakan Metode ECMP Untuk Mengukur Beban Traffic Di Diskominfo Tenggarong. Samarinda.

Sulistyo, D. D. 2017. Implementasi Algoritma Hierarchical Token Bucket Sebagai Optimasi Quality Of Service Pada PT. Karya Mandiri Satya. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi, 1-8.

Sage, A. P. Rouse, W. B. (2011). Handbook of Systems Engineering and Management. John Wiley & Sons.

Davison, R. Martisons, M. G, Kock N., (2004) Jurnal : Principles of Canonical Action Research 14, 65-86.

Rahayu, Y, Budiman, E, Taruk, M., 2017. Analisis Performa Jaringan Telkomsel di Kota Samarinda, Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi Vol.1 No.2 188-193.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.