Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Pada Game Dream Land

Raka Tirto Winanda, Indah Fitri Astuti, Putut Pamilih Widagdo

Abstract


Role playing game (RPG) merupakan sebuah game yang berfokuskan cerita pada tokoh utama karakter yang dijalankan pada game tersebut. Penentuan posisi tokoh utama karakter pada game bergenre RPG biasanya di tengah layar.  Penelitian ini menjawab permasalahan bagaimana menerapkan metode Fuzzy Tsukamoto pada game dream land.Tujuan penelitian ini untuk menerapkan metode Fuzzy Tsukamoto pada game dream land untuk remaja usia 12 tahun keatas. Metode Fuzzy Tsukamoto digunakan untuk menghitung skor akhir pemain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Fuzzy Tsukamoto berhasil dan dapat diterapkan padagame dream land. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan  game yang dapat dijalankan di smarthphone atau android.

Keywords


RPG; Fuzzy; Tsukamoto; Game;

Full Text:

PDF

References


Baskoro,. R. G., et al. 2016. Membangun Game Simulasi "Best Driver" Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Multiplatform. Nusantara Journal of Computers and its Applications , 1(7), pp.1-8.

Huda, A.S. 2016. "Game Edukasi Cepat Tepat Dengan Metode Finite State Machine (FSM) Pada Smartphone". Skripsi. FST, Pend. Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Oktavia, N. et al. 2015. Pembuatan Game Edukasi Berbasis Construct 2 Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bale Sawala Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor, 56 - 67.

Subagio, A. 2014. Learning Construct 2, Packt Publishing Ltd. Available at:https://books.google.co.id/books?id=49QGBgAAQB AJ&dq=construct+2&hl

Jensen, P 2015. What is NW.js. Available at: https://dzone.com/articles/what-is-nwjs [Accessed 3 September 2017]

metode-algoritma.com. Logika Fuzzy Metode Tsukamoto. Available at http://www.metodealgoritma.com/2013/06/himpunan-Fuzzy.html [Accessed 3 September 2017]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.