Perbandingan Hasil Algoritma Self Organizing Map (SOM) dan Fuzzy C-Means Clustering Untuk Kualifikasi Data Kinerja Dosen

Prima Resti Nastiti, Bedi Suprapty, Achmad Fanany Onnita Gaffar

Abstract


Perkembangan yang kompetitif dan mengglobal setiap lembaga, termasuk lembaga pendidikan perguruan tinggi kegiatan penilaian kerja atau unjuk kerja dari setiap pegawai merupakan kegiatan yang umum untuk penataan sumber daya manusia sebagai tenaga pendidik. Melalui proses penilaian kinerja dosen tersebut dilakukan proses kualifikasi agar dapat diketahui cluster-cluster yang terdapat didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan dosen dengan teknik clustering sehingga diketahui karakteristik data dari hasil clustering. Teknik yang digunakan yaitu algoritma Self Organizing Maps (SOM) dan Algoritma Fuzzy C-means (FCM). Dalam penelitian ini dibagi menjadi 4 cluster dengan learning rate 0.5 pada SOM dan Error yang ditentukan adalah 0.0001. Hasil yang diperoleh nilai centroid awal mempengaruhi banyaknya iterasi dan elemen pada anggota cluster. Penggunaan nilai random rule-base pada nilai centroid awal menghasilkan kualifikasi yang sama. Secara keseluruhan algoritma SOM lebih unggul dibandingkan dengan algoritma FCM dalam konsisten
data terhadap centroid.


Keywords


Cluster; Fuzzy C-means; Kinerja dosen; SOM;

Full Text:

PDF

References


G. Eason, B. Noble, and I. N. Sneddon, “On certain integrals of Lipschitz-Hankel type involving products of Bessel functions,” in Phil. Trans. Roy. Soc. London, 1955, vol. A247, pp. 529–551.

S. Redjeki, “Pemodelan Pengelompokkan Prestasi Dosen

Menggunakan Metode Fuzzy C-Means,” J. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 2, pp. 67–74, 2017.

P. E. Mas`udia, F. Arinie, and L. D. Mustafa, “Clustering Data Remunerasi Dosen Untuk Penilaian Kinerja Menggunakan Fuzzy c-Means,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi) , vol. 2, no. 1, pp. 288–294, 2018.

J. C. Maxwell, “A Treatise on Electricity and Magnetism,” 3rd Oxford Clarendon, vol. 2, no. 3, pp. 68–73, 1892.

T. Kohonen, “The Self-Organizing Map,” Proceeding of IEEE, vol. 78, no. 9, 1990.

I. S. Jacobs and C. P. Bean, Fine particles, thin films and exchange anisotropy,” in Magnetism, Academic., vol. 3. New York, 1963.

A. D. Cahyani, B. K. Khotimah, and R. T. Rizkillah, “Perbandingan Metode SOM (Self Organizing Map) Dengan Pembobotan Berbasis RBF (Radial Basis Function),” J. Teknol. Technoscientia, vol. 7, no. 1, pp. 85–92, 2014.

W. Lestari, “Sistem Clustering Kecerdasan Majemuk Mahasiswa Menggunakan Algoritma Self Organizing Map (SOM),” STIMIK Duta Bangsa Surakarta, 2011.

E. T. Luthfi, “Fuzzy c-means untuk Clustering Data (Studi Kasus Data Performance Mengajar Dosen),” in Seminar Nasional Teknologi, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.