MODEL ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMINATAN DI SMA MENGGUNAKAN METODE SAW

Ali Mutaqin, Aji Prasetya Wibawa, Utomo Pujianto

Abstract


Banyak faktor yang menjadi pertimbangan ketika guru menentukan kelompok peminatan yang sesuai untuk siswanya. Menentukan suatu kelompok peminatan untuk siswa dengan jumlah yang banyak akan menimbulkan kesulitan bagi guru tersebut. Untuk itu, perlu adanya suatu mekanisme yang dapat membantu guru untuk menentukan kelompok peminatan yang terbaik untuk siswanya berdasarkan nilai dari setiap faktor yang berpengaruh. Sistem yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah Sistem Pendukung Keputusan (SPK). SPK menggunakan suatu metode tertentu untuk memilih keputusan yang terbaik. Salah satu metode yang umum digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW). Beberapa hal yang dibutuhkan metode SAW adalah alternatif, bobot, dan kriteria. Alternatif pada permasalahan ini adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa dan Budaya. Bobot didapatkan dari pengambil keputusan. Kriteria yang didapatkan adalah nilai rata-rata rapor Sekolah Menengah Pertama (SMP), nilai ujian nasional SMP, minat siswa, hasil psikotes, nilai ujian sekolah SMP, nilai tes peminatan, rekomendasi guru bimbingan konseling SMP dan rekomendasi orang tua. Berdasarkan permasalahan tersebut artikel ini akan memberi gambaran bagaimanan implementasi metode SAW pada permasalahan peminatan siswa SMA.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Negara Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dokumen Kementerian Agama Republik Indonesia. (Online), (http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf), dikases 18 Februari 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 64 Tahun 2014 tentang Peminatan Pada Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (Online), (http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/SPM/Permen%20Nomor%2064%20Tahun%202014.pdf), dikases 17 Februari 2016

Wijaya, F. 2009. Hubungan Antara Kematangan Karir dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X MAN Cibinong, (online). (http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/psychology/2009/Artikel_10503080.pdf), diakses 20 November 2015.

Firdausa, F. 2016. Model Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Menggunakan Metode SAW, (online), (http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1397/1310), diakses 12 Mei 2016.

Hasanah, R. 2013. Sistem Pendukung keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). (online), (http://pelita-informatika.com/berkas/jurnal/25.%20rina%20hasanah.pdf), diakses pada 12 Mei 2016.

Adriyendi, A. 2015. Multi-Attribute Decision Making Using Simple Additive Weighting and Weighted Product in Food Choise, (online), 6, 8-14, (http://www.mecs-press.org/ijieeb/ijieeb-v7-n6/IJIEEB-V7-N6-2.pdf), diakses pada 7 Februari 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Proceeding Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)