PEMBUATAN GAME ‘MATH TASK’ DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Tri Setianto, Zainal Arifin, Awang Harsa Kridalaksana

Abstract


Game edukasi merupakan jenis game yang memuat unsur-unsur edukasi dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan pemain. Kebutuhan akan game edukasi menjadi semakin besar mengingat game yang beredar dan dinikmati publik mayoritas masih sebatas game biasa yang tidak memuat unsur pendidikan, sehingga hal ini yang melatar belakangi pembangunan game ‘Math Task’. Game ini adalah game edukasi yang berhubungan dengan operasi-operasi dasar yang ada pada matematika. Penelitian ini mencoba untuk menerapkan metode fuzzy Tsukamoto untuk menentukan skor yang didapat pemain saat menjawab sebuah soal yang diberikan. Pemain akan mendapatkan skor dengan rentang tertentu berdasarkan jenis subgame yang dimainkan dan menggunakan dua variable untuk menentukan nilai fuzzy yaitu variable kombo dan variable waktu. Pengembangan sistem ini menggunakan bahasa pemerograman Java dan menggunakan framewok Libgdx sebagai framework pengembangan sistem.


Full Text:

PDF

References


Astuti, A. W. 2015. Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Tingkat Kecakapan Pemain Dalam Game Edukasi ‘Computer’s Box’ Berbasis Android. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Akilli, G. K. 2007. Games and Simulations : A New Approach in Education. Pennsylvania: Information Science Publishing.

Ardy, R. 2014. “Pembuatan Game First Person Shooter (FPS) “Operations Zygma Force” Menggunakan FPS Creator X10”. Skripsi. STIMIK AMIKOM.

Cenggoro, T. Y. 2015. Sistem Penentuan Skor Berbasis Logika Fuzzy Sugeno Pada Rhythm Game ‘Music Of Kaltim’. Samarinda: Universitas Mulawarman.

Douglas, Lyon. 2005. The JBoss Integration Plug-in for the Intellij IDEA, Part 1. Fikri, R dan Prakoso, I. 2005. Pemrograman Java. Yogyakarta: Andi.

Marquez, DS dan Sanchez, AC. 2014. Libgdx Cross-platform Game Development Cookbook. Birmingham: Packt Publishing

Russert, S and Norvig, P. 1995. Artificial Intelligence: A Modern Approach. Prentice Hall International, Inc.

Sulaeman, Usep. 2012. Pembuatan Personal Computer Game Edukasi Matematika Untuk Anak TK. Bandung: UNIKOM.

Sutabri, T. 2004. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Suyanto. 2008. Soft Computing. Bandung: Informatika

Zechner, M and Green, R. 2012. Beginning Android Game Second Edition. New York: Apress.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Proceeding Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)