KRIPTOGRAFI PADA FILE AUDIO MP3 MENGGUNAKAN METODE PENGEMBANGAN TRANSPOSISI

Said Fachmi Salim, Zainal Arifin, Dyna Marisa Khairina

Abstract


Metode Transposisi merupakan salah satu teknik enkripsi konvensional (simetri) yang digunakan sejak berabad-abad lalu untuk mengamankan pesan yang dikirimkan kepada orang lain. Pada penelitian ini metode transposisi dikembangkan sehingga implementasinya lebih khusus pada pengacakan file audio dengan format MP3. Metode ini digunakan untuk melakukan pengacakan bit yang menyusun frame secara horizontal dan sesuai dengan kunci simetri untuk melakukan proses enkripsi maupun dekripsi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi kriptografi yang dapat mengamankan data audio dengan format MP3 menggunakan metode transposisi. Aplikasi ini melakukan proses kriptografi untuk semua file audio dengan format MP3. Kunci bersifat simetri, karakter yang digunakan berupa kunci alfanumerik (a-z,A-Z,0-9) dan spasi, dimana semakin panjang kunci yang digunakan maka audio dengan format MP3 akan semakin tersamarkan. Hasil akhir penelitian ini berupa aplikasi
kriptografi pada audio dengan format MP3 dengan metode pengembangan transposisi yang bertujuan untuk menyamarkan data audio dengan format MP3 sehingga informasi rahasia yang terkandung di dalamnya dapat terjaga dan hanya dapat dibaca oleh pengguna yang memiliki kunci kriptografi serta aplikasi tersebut.


Full Text:

PDF

References


Adriansyah Y, 2010. "Simple Audio Cryptography", Institute Teknologi Bandung Indonesia.

Jawahir Ahmad, Haviluddin. “An audio encryption using transposition method”, International Journal of Advances in Intelligent Informatics ISSN: 2442-6571 Vol 1 No 2, July 2015, pp. 98-106.

Kurniawan, Y. 2004. Kriptografi Keamanan Internet dan Jaringan Komunikasi. Bandung : Penerbit Informatika

Munir, Rinaldi. Kriptografi. 2006. Bandung: Penerbit Informatika. Universitas Mulawarman. Samarinda

Pollak l., “Audio Compression Using Wavelet Techniques”, Electrical and Computer Engineering Purdue University, 2005.

Mollin,Richard A. 2007. An Introduction to Cryptography. 2nd edition .New York : CRC Press.

Trappe, Wade , Washington, Lawrence C. 2006. Introduction to Cryptography with Coding Theory. 2nd edition. New Jersey : Prentice Hall.

Sangadji. 2002. “Uji Primalitas”. Lokakarya Komputasi dalam Sains dan Teknologi Nuklir (XIII). (3-4 Juli 2002). Jakarta: PPIN-BATAN.

Stallings, Williams , 2005. Cryptography and Network SecurityPrinciples and Practices 4th edition. New Jersey : Pearson

Stinson, D.R. 2006. Cryptography Theory and Practice. Florida : CRC Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Proceeding Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)