SELEKSI PENGISI ACARA HUBURAN TVRI KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Neneng Nurlaila, Dyna Marisa Khairina, Jundro Daud H

Abstract


TVRI sebagai salah satu stasiun tv harus selalu menjaga kualitas dari sajian acaranya. Salah satunya pada program acara hiburan yang dimiliki TVRI yang membutuhkan jenis hiburan yang berkualitas. Penyeleksian pengisi hiburan selama ini dilakukan oleh staff penyeleksi dari seksi program TVRI tanpa bantuan sebuah sistem. Untuk mengatasi hal ini, dibuatlah sebuah sistem pendukung keputusan jenis hiburan dengan pertimbangan beberapa kriteria yaitu jenis pengisi acara hiburan, genre, lama berdiri, popularitas, dan pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem proses penyeleksian pengisi acara hiburan dengan menerapkan metode multifactor evaluation process dan analytical hirarchy process untuk meningkatkan efisiensi kerja dengan proses seleksi yang lebih cepat dan tepat. Manfaat penelitian ini adalah mempermudah dan mempercepat proses penyeleksian dan menghasilkan jenis pengisi acara yang sesuai kriteria.


Full Text:

PDF

References


Lovita E. 2013. Evaluasi Software AkutansiBagi Usaha Kecil MenengahMemanfaatkanMetode Multi Factor Evaluation Process dan Analytic Hierarchy Process. Simposium Nasional Akuntansi XVI. Manado: Indonesia.

Daihani, D, U. 2001. Komputerisasi Pengambilan Keputusan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryadi, K. Dan Ramadhani, M. A.1998. Sistem Pendukung Keputusan: Suatu Wancana Struktural Idealisasi dan Implementasi Pengambilan Keputusan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Render,B. dan Stair,M.R,Jr., 2002, Quanitative Analysis for Management, 7th Edition, Prentice Hall.

Farber, D. 2012, “Applying Multifactor Evaluation Process (MFEP) And Analytical Hierarchy Process (AHP) Analysis Methods To Project Risk Management”, Assessing and managing project risk, Embry-Riddle University

Turban E, Aronson J. 2005.Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan System Cerdas). Jilid 1.Yogyakarta: Andi.

Kusrini. 2007 konsep dan aplikasi system pendukung keputusan. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Proceeding Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)