WEB SERVICE PENGELOLAAN NILAI SISTEM INFORMASI AKADEMIK (STUDI KASUS : FMIPA UNIVERSITAS MULAWARMAN)

Lina Yahdiyani Inayatuzzahrah, Addy Suyatno, Indah Fitri Astuti

Abstract


Sistem pengelolaan nilai akademik mahasiswa merupakan salah satu alat bantu dalam kegiatan akademik di setiap kampus. Untuk meng-input nilai yang cepat dan fleksibel, dosen membutuhkan sistem yang tidak terhalang masalah waktu dan platform. Oleh karena itu, dibangun web service pengelolaan nilai mahasiswa yang dapat mengatasi masalah tersebut. Web service merupakan aplikasi yang tersusun atas sekumpulan method-method yang dapat diakses melalui jaringan internet kapan dan dimana saja dengan menggunakan perangkat apa saja yang tidak terkait sistem operasi atau bahasa pemrograman dalam bentuk pesan XML. Penelitian ini menghasilkan web service yang diakses oleh aplikasi client, yaitu aplikasi website, dimana dosen dapat mendownload nama mahasiswa yang diajarnya, kemudian meng-upload nilai sesuai dengan daftar nama mahasiwa yang telah di download sebelumnya.


Full Text:

PDF

References


Lucky. 2008. XML Web Service : Aplikasi Desktop, Internet, Handphone. Jakarta: Jasakom.

Moroney, L. 2006. Pro ASP.NET 2.0 in VB 2005. New York : Apress.

Gustiana, I dan Hilman K. 2013. Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akademik dengan Layanan SMS (Studi Kasus : SMPN 1 Patia Banten). Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Shalahuddin, M. dan Rosa A.S. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Penerbit Informatika.

Pinto, M. 2002. Web Service dengan Contoh Aplikasi Kurs Valuta Asing. Skripsi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Prayitno, A. 2002. Web Service untuk Aplikasi Sistem Terdistribusi Berbasis Layanan.Skripsi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Pressman, Roger S. 2005. Software Engineering A Prectitioner’sApproach Sixth Edition. McGraw Hill Inc. New York


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Proceeding Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)