SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PROMOSI JABATAN STRUKTURAL ESELON II.B MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE (Study kasus: Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kutai Timur)

Herman Herman, Awang Harsa Kridalaksana, Zainal Arifin

Abstract


Peran dari sumber daya manusia dalam sebuah organisasi tidak dapat disamakan dengan peran sumber daya lainnya, karena memiliki karakteristik unik bahwa setiap individu memiliki keinginan yang berbeda, tujuan hidup yang berbeda, dan memiliki persepsi tentang arti kerja yang berbeda. Pelaksanaan Promosi Jabatan dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan agar mau bekerja dengan baik sesuai dengan yang dikehendaki oleh Instansi guna meningkatkan produktivitas kerja dan keberhasilan di dalam mencapai sasarannya. Tujuan penelitian adalah untuk membangun suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pengambilan keputusan dalam proses promosi jabatan pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kutai Timur. Permasalahan yang dihadapi BKD Kutai Timur dalam mempromosikan karyawan adalah kesulitan dalam memilih calon Pejabat baru karena semua hasil tes harus dibandingkan satu-persatu, sehingga dibutuhkan waktu yang lama untuk menentukan calon Pejabat. Metode yang digunakan adalah metode Preference rangking organization method for enrichment evaluation atau bisa disebut dengan PROMETHEE. Metode PROMETHEE adalah salah satu metode penentuan urutan atau prioritas dalam analisis multikriteria atau MCDM (Multi Criterion Decision Making) untuk menganalisis masalah yang terjadi pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kutai Timur. Hasil penelitian ini adalah bahwa metode PROMETHEE dapat diterapkan pada Sistem Pendukung Keputusan untuk pemilihan promosi Jabatan Struktural Eselon IIb. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam pengambilan keputusan untuk memilih calon pejabat dengan kemampuan dan kriteria yang diinginkan instansi.

Full Text:

PDF

References


Nofriansyah, Dicky, M. Kom. 2015. Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish.

Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Brans, J.Piere dan Mareschal, B., (1999). How to decide with PROMETHEE. [4] Noorfithriani, Raisha. 2009 "Penerapan Metode Promethee Dalam Menganalisis Peringkat Bank Syariah Berdasarkan Kepuasan Nasabah pada tiga Bank Syariah di Kota Yogyakarta." Jurnal Ilmiah Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia”. [5] Behzadian, Majid, 2010. "PROMETHEE: A comprehensive literature review on methodologies and applications." European journal of Operational research”

Herlihy, David V. 2004. Bicycle: The History. Yale University Press.

Kosasi, S. 2002. Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System). Pontianak.

Render, B. dan Stair, M.R, Jr. . 2002. Quanitative Analysis for Management. 7th Edition. Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Proceeding Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)



Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi (SAKTI) Address:
( p-ISSN: 2541-366X | e-ISSN: 2540-7902 )

Organized by: Faculty of Computer Science And Information Technology -  Mulawarman University
Published by: Faculty Of Computer Science and Information Technology (CSIT) 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
Telp : (+62541) 753133 
E-mail: sakti.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI
Contact Person: Hario Jati Setyadi. (081235436766)


Creative Commons License
SAKTI by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.