KRIPTOGRAFI AES MODE CBC PADA CITRA DIGITAL BERBASIS ANDROID

Henry Henry, Awang Harsa Kridalaksana, Zainal Arifin

Abstract


Keamanan merupakan salah satu aspek penting dalam pengiriman data maupun komunikasi melalui jaringan, citra digital merupakan salah satu data yang mengandung banyak informasi, oleh karena itu untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan suatu data maupun informasi salah satunya dengan menggunakan teknik kriptografi. Kriptografi adalah suatu ilmu dan seni untuk menjaga keamanan data atau pesan. Salah satu algoritma yang sering di gunakan saat ini adalah AES (Advanced Encryption Standard). Penerapan kriptografi pada penelitian ini menggunakan AES dengan panjang kunci 128 bit yang beroperasi pada mode operasi blok CBC(Cipher Block Chaining) dan aturan padding PKCS#7 (Public – Key Cryptography Standards) agar dapat menjaga ukuran masukan plainteks tetap berada ukuran bloknya. Android merupakan operasi sistem mobile terbaru dari google yang sedang populer saat ini, karena itu banyak serangan menargetkan smartphone berbasis Android. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu perangkat lunak pada smartphone android menggunakan algoritma kriptografi AES yang bertujuan untuk mengamankan data citra digital dengan mengubah isi element penyusun pada tiap piksel agar informasi yang terkandung tidak diketahui oleh orang lain. Hasil dari penelitian yaitu menghasilkan sebuah perangkat lunak pada smartphone berbasis android yang dapat digunakan untuk mengamankan informasi citra digital dan mengembalikan informasi citra digital yang teracak menjadi informasi yang dapat dikenali.

Full Text:

PDF

References


R, Kristoforus & Stefanus, A. 2012. Implementasi Algoritma Rijndael Untuk Enkripsi dan Dekripsi Pad Citra Digital. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.

Sutoyo. T. et al. 2009. Teori Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi

Schneier, B. 1996. Applied Cryptography. John wiley & Sons.inc.

Menezes, A., Van Orschot , P., & Vanstone, S. (1996). Handbook of Applied Cryptography. CRC Press.Inc.

Stallings, W. 2005. Cryptography and Network Security Principles and Practices. Prentice HAll.

Munir, R. 2006. Kriptografi. Bandung: Informatika.

Huda, W. 2003. Perkembangan Enkripsi Fungsi Hash pada SHA (Secure Hash Algorithm). Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Proceeding Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)



Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi (SAKTI) Address:
( p-ISSN: 2541-366X | e-ISSN: 2540-7902 )

Organized by: Faculty of Computer Science And Information Technology -  Mulawarman University
Published by: Faculty Of Computer Science and Information Technology (CSIT) 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
Telp : (+62541) 753133 
E-mail: sakti.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI
Contact Person: Hario Jati Setyadi. (081235436766)


Creative Commons License
SAKTI by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.