TRACER STUDY MENGGUNAKAN FRAMEWORK BOOTSTRAP

Ramadiani Ramadiani, Putut Pamilih Widagdo, Eko Junirianto

Abstract


Tracer study merupakan salah satu sistem informasi yang telah banyak dipergunakan oleh perguruan tinggi di dunia untuk melakukan pengumpulan data lulusan. Sistem informasi tracer study telah mulai diterapkan di Indonesia khususnya pada Universitas Mulawarman Samarinda untuk melakukan pendataan alumni, di mana data tersebut dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan akreditasi perguruan tinggi dan melakukan perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu kualitas lulusan Universitas Mulawarman. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis perancangan kebutuhan sistem tracer study Universitas Mulawarman yang disesuaikan dengan kebutuhan informasi dalam proses akreditasi baik ditingkat program studi, fakultas, universitas, dan Dikti. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan hasil perancangan sistem informasi tracer study di perguruan tinggi memiliki banyak manfaat diantaranya : 1. Memenuhi kebutuhan data dan informasi terkait lulusan, 2. Memenuhi kebutuhan data akreditasi perguruan tinggi, 3. Mempermudah perguruan tinggi dalam mengelola data lulusan, dan 4. Memudahkan perguruan tinggi dalam menunjang keputusan menentukan perencanaan strategis sebagai upaya peningkatan kualitas mutu lulusan. Diharapkan dengan diterapkannya sistem tracer study pada perguruan tinggi di Indonesia akan meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki daya serap tinggi terhadap kebutuhan pasar kerja saat ini maupun dimasa mendatang.


Full Text:

PDF

References


Alatas, H. (2013), Responsive Web Design dengan PHP dan Bootstrap, Yogyakarta : Lokomedia.

Fowler, M. 2005. UML Distilled Edisi 3 Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar. Penerbit : Andi Yogyakarta.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain. Penerbit : Andi Yogyakarta.

Mulhim, Imam, Desain Web untuk Destop dan Mobile dengan Responsive Web Design, Maxikom. Palembang, 2014.

Nailburg, E,. and Maksimchuk, R., 2001, UML for Database Design, USA: ADDISONWESLEY

Pipim Boaduo, Nana Adu. 2009. Tracer Study As A Paradigm For The Enhancement of Quality Course Programmes Development in Higher Education Institutions in South Africa. www.docstoc.com/docs/20394050.

Syafii, M. 2004. Membangun Aplikasi Berbasis PHP dan MySQL. Penerbit : Andi Yogyakarta.

Siregar, 2010. Perancangan Portal Berbasis Web Dengan Menggunakan Php Dan MySQL Pada SMA Negeri 18 Medan, Sumatara utara.

Vermeulen, L. 2006. The study of alumni: Professional success, commitment to the university, and the role of the academic learning environment. Netherlands : Lemma publisher.

Welling, L., & Thomson, L. (2003). PHP dan MYSQL Web Development. Sams Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.17605/OSF.IO/4J7HA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Proceeding Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)