The Effectiveness of Gratitude Training to Improve the Subjective Well-Being of Broken Home Adolescents in The Child Care Community (KOPA) Medan

Rianda Elvinawanty, Jasmine Jasmine, Lidia Permata Harefa, Marcell Tanujaya, Jesslyn Theresia

Abstract


In this modern area, internet is very easy to be accessed, most of adolescents like to compare themselves with others. Because of comparing themselves, they are less gratitude and have low subjective well-being. The aim of this research is to prove whether gratitude training can increase the subjective well-being of broken home adolescents in the Childcare Community (KOPA) Medan. This research is experimental research with non equivalent control group design. Shapiro Wilk is used as normality test. Scale is used for data collection techniques. There are thirty adolescents who joined pre-test to see their level of subjective well-being dan it shows that 28 of adolescents have low and medium subjective well-being. Analysis technique in this research is quantitative research. The quantitative research uses non-parametric test which is Mann Whitney U Test with the help of SPSS (Statistical Product dan Service Solution) Program version of 25. The result of statistical test for Mann Whitney U Test and Wilcoxon shows that this research has Sig. value 0.002. In statistic, if Sig. value <0.05, hypothesis is accepted. Because of that, in conclusion, gratitude training has effect in increasing the subjective well-being of broken-home adolescents in Childcare Community (KOPA) in Medan.

 

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat apakah pelatihan kebersyukuran memiliki dampak untuk meningkatkan subjective well-being remaja broken home di Komunitas Peduli Anak (KOPA) Medan. Hipotesa pertama dalam penelitian ini adanya perbedaan yang signifikan pada subjective well-being remaja broken home sebelum dan sesudah diberikan pelatihan kebersyukuran, dengan asumsi subjective well-being meningkat setelah diberikan pelatihan kebersyukuran. Hipotesa kedua yaitu subjective well-being pada kelompok yang diberikan pelatihan kebersyukuran akan lebih tinggi daripada yang tidak mendapatkan pelatihan kebersyukuran pada remaja broken home di Komunitas Peduli Anak (KOPA) Medan. Penelitian ini ialah jenis penelitian eksperimen dengan non equivalent control group design. Data diperoleh melalui uji normalitas Shapiro Wilk. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan uji non parametris yaitu teknik analisis Mann Whitney U Test dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Hasil dari uji statistik Mann Whitney U Test dan uji Wilcoxon yang telah digunakan pada penelitian ini memperoleh nilai Sig. sebesar 0.002. Secara statistik, jika nilai Sig.<0.05 maka hipotesa diterima. Oleh karena itu, berdasarkan hasil analisa tersebut kesimpulan yang diambil adalah bahwa pelatihan kebersyukuran berpengaruh untuk meningkatkan subjective well-being pada remaja broken home di Komunitas Peduli Anak (KOPA) Medan


Keywords


Kebersyukuran; Subjective Well-Being Gratitude; Subjective-Well Being

Full Text:

FULL TEXT

References


Anggrainy, D., Siregar, J., Iskandarsyah, A., & Fitriana, E. (2017). Efektivitas Pelatihan Rasa Syukur Terhadap Peningkatan Subjective Well Being Pada Orangtua dengan Anak Tunarungu. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 1, 98-107. https://semnas.unikama.ac.id/pgsd/artikel.php diakses pada tanggal 23 Agustus 2021

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahar, R., & Moordiningsih, M. (2021). Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Penderita Penyakit Jantung Melalui Pelatihan Kebersyukuran. Jurnal Studia Insania, 8(2), 119. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i2.3881 diakses pada tanggal 27 Maret 2021

Christanto, S., Brenda, D., Assisiansi, C., Pangestu, M., Sarita, I., & Sulistiani, V. (2017). Gratitude Letter: An Effort to Increase Subjective Well-Being in College. ANIMA Indonesian Psychological Journal, 32(3), 158-168. https://doi.org/10.24123/aipj.v32i3.630 diakses pada tanggal 29 Maret 2021

Kisah Anak Broken Home: Trauma Berkepanjangan Sampai Takut Menikah - Solopos.com. Solopos.com. (2021). Retrieved 7 July 2021, from https://m.solopos.com/kisah-anak-broken-home-trauma-berkepanjangan-sampai-takut-menikah-1071493. diakses pada tanggal 06 April 2021

Lubis, I., & Agustini, L. (2018). Efektivitas Gratitude Training Untuk Meningkatkan Subjective Well- Being Pada Remaja di Panti Asuhan. Journal Psikogenesis, 6(2), 205-213. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.703 diakses pada tanggal 27 Maret 2021

Manso Pinto, J. (2013). Emmons, Robert A.; McCullough, Michael E. (Eds) (2004). The Psychology of Gratitude. Oxford University Press, Inc. pp 368. ISBN 978-0-19-515010-0. Revista Latinoamericana De Psicologia, 45(2), 307. https://doi.org/10.14349/rlp.v45i2.1279 diakses pada tanggal 02 Mei 2021

Megawati, P., Lestari, S., & Lestari, R. (2019). Gratitude training to improve subjective well-being among adolescents living in orphanages. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 16(1), 13. https://doi.org/10.26555/humanitas.v16i1.9196 diakses pada tanggal 17 Mei 2021

Prastuti, E. (2020). Urgensi Pelatihan Syukur (Gratitude Training) untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Ibu Muda dalam Konteks Keluarga. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 16(2), 220-237.

https://doi.org/10.32528/ins.v%vi%i.3042 diakses pada tanggal 23 Agustus 2021

Emmons, R. A., Froh, J., & Rose, R. (2019). Gratitude. In M. W. Gallagher & S. J. Lopez (Eds.), Positive psychological assessment: A handbook of models and measures, (pp. 317–332). https://doi.org/10.1037/0000138-020 diakses pada tanggal 3 Juni 2022

Wahid, A. W., Larasti, A., Ayuni, A. & Nashori, F. (2018). Optimisme Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Ditinjau dari Kebersyukuran dan Konsep Diri. Humanitas: Indonesian Psychological Journal, 15(2).

https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1456602 diakses pada tanggal 3 Juni 2022

Astuti, Y., & Aganthi, N. R. N. (2016). SUBJECTIVE WELL-BEING PADA REMAJA DARI KELUARGA BROKEN HOME. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2). https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/2508 diakses pada tanggal 3 Juni 2022

Listiyandin, A. R. (2018). The Influence of Gratitude on Psychological Resilience of Adolescence Living in Youth Social Care Institutions. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 7(3). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/915633 diakses pada tanggal 3 Juni 2022

Munandar, A., Purnamasari, S. E., & Peristianto, S. V. (2020). PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA KELUARGA BROKEN HOME. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1) , 46-52. http://ejurnal.mercubuanayogya.ac.id/index.php/psikologi/article/view/959 diakses pada tanggal 3 Juni 2022

Davis, D. E., Choe, E., Meyers, J., Wade, N., Varjas, K., Gifford, A., ... & Worthington Jr, E. L. (2016). Thankful for the little things: A meta-analysis of gratitude interventions. Journal of counseling psychology, 63(1), 20. https://psycnet.apa.org/doiLanding?doi=10.1037%2Fcou0000107 diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Hafiza, S., & Mawarpury, M. (2018). Pemaknaan Kebahagiaan oleh Remaja Broken Home. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 59-66. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:eXqlWvOySuYJ:scholar.google.com/+broken+home&hl=id&as_sdt=0,5 diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Satria, J., Listiyandini, R. A., Rahmatika, R., & Kinanthi, M. R. (2019). Pelatihan kebersyukuran untuk meningkatkan emosi positif. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 59-65. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:VlCk1CCXoVwJ:scholar.google.com/+emosi+positif&hl=id&as_sdt=0,5 diakses pada tanggal 3 Juni 2022

Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal of Community Empowerment, 1- 12.

https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.92 diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Prabowo, A. (2017). Gratitude dan psychological wellbeing pada remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(2), 260-270. https://doi.org/10.22219/jipt.v5i2.4857 diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Sarbini, W., & Wulandari, K. (2014). Kondisi psikologi anak dari keluarga yang bercerai.http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58954 diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Sativa, A. R., & Helmi, A. F. (2013). Syukur dan harga diri dengan kebahagiaan remaja. Wacana, 5(2). https://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/wacana/article/view/9 diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Kartini, I. I., Listiawaty, T. N., & Rosita, T. (2019). Gambaran Motivasi Belajar Siswa yang Mengalami Broken Home. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(1), 9-16. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/2971 diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Klein, M. (2013). Envy and gratitude: A study of unconscious sources. Routledge. https://link.springer.com/book/10.1007/978-94-007-7253-3?noAccess=true diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Megawati, P., Lestari, S., Lestari, R., & Psi, S. (2017). Peningkatan Kesejahteraan Subjektif Remaja Panti Asuhan Melalui Pelatihan Bersyukur (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/52757 diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Hardi, E. (2016). Konsep diri dan motivasi belajar siswa broken home serta implikasinya dalam bimbingan dan konseling. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2). http://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:-Okh-TBckqwJ:scholar.google.com/+motivasi+broken+home&hl=id&as_sdt=0,5 diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Passmore, J., & Oades, L. G. (2016). Positive psychology techniques: gratitude. The Coaching Psychologist, 12(1), 34-3. https://centaur.reading.ac.uk/81934/ diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Watkins, P. C. (2013). Gratitude and the good life: Toward a psychology of appreciation. Springer Science & Business Media. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9781315014081/envy-gratitude-melanie-klein-melanie-klein-trust diakses pada tanggal 4 Juni 2022

Kusasi, M. (2014). Hubungan empati dan komunikasi interpersonal dengan kualitas hidup. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 37-49. https://core.ac.uk/download/pdf/268076006.pdf diakses pada tangggal 4 Juni 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i2.7713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id