Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dan Student Well-Being Pada Mahasiswa Semester Akhir

Sarita Candra Merida, Ditta Febrieta, Hilmiatul Husnah, Roma Ria, Rospita Novianti

Abstract


Proses pembelajaran dalam perkuliahan menuntut mahasiswa semester akhir lebih bertanggung jawab dari semester sebelumnya, sehingga adanya perubahaan, tentunya perlu penyesuaian baru supaya mahasiswa dapat lebih produktif dan berkontribusi untuk fakultas. Dalam proses penyesuaian tersebut tidak mudah, salah satunya muncul indikator well-being yaitu stress sehingga perlu peningkatan student well-being untuk mendukung kesuksesaan mahasiswa diperguruan tinggi. Pada penelitian ini mahasiswa diberikan terapi SEFT untuk meningkatkan student well-being salah satunya ialah komponen emosi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 13 mahasiswa sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Analisis statistika menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test untuk mengukur perbedaan data prestest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pretest dan posttest dengan skor Z -2950ᵇ dan signifikansi sebesar 0,003 serta terdapat peningkatan dari pretest ke posttest. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) terhadap peningkatan student well-being pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Keywords


Mahasiswa, Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT), Student Well-Being

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, W., & Ni’matuzahroh. (2016). Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) Untuk Menurunkan Tingkat Stres Akademik Pada Siswa Menengah Atas di Pondok Pesantren. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 04(02), 228–245.

Aftrinanto, Z., Hayati, E. N., & Urbayatun, S. (2018). Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) untuk Meningkatkan Kualitas Hidup pada Wanita yang Mengalami Bencana Tanah Longsor. Jurnal Studi Insania, 6(1), 69–89. https://doi.org/10.18592/jsi.v6i1.2006.

Brzycki, Henry G & Brzycki, Elaine J. (2019, 14 Januari). eCampus News is focusing on student wellbeing this year: Student wellbeing is more important than you think. Diunduh pada 30 Juli 2019 dari https://www.ecampusnews.com/2019/01/14/student-wellbeing-is-more-important-than-you-think/.

Deci, Edward L, & Ryan, Richard M. (2008). Hedonia, eudaimonia, and well-being: an introduction. Journal of Happiness Studies, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9018-1.

Eid, M. & Larsen, R. J. (2008). The science of subjctive well-being. New York: The Guilford Press.

Fatmasari, D., Widayana, R., & Budiyani, K. (2019). Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) untuk Menurunkan Stres pada Pasien Hipertensi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) untuk Menurunkan Stres pada Pasien Hipertensi. Jurnal Psikologi, 15(1), 10–19. Retrieved from https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/download/595/466.

Franklin, S. S. (2010). The psychology of happiness: A good human life. New York: Cambridge.

Hidayah, N., Pali, M., Ramli, M., & Hanurawan, F. (2016). Students’ Well-Being Assessment at School. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(1), 62–71. https://doi.org/10.12928/jehcp.v5i1.6257.

Karyani, U., Prihartanti, N., P, W. D., Lestari, R., Hertinjung, W. S., Prasetyaningrum, J., & Yuwono, S., & Pratini. (2015). The Dimensions of Student Well-being. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, Psychology Forum UMM.

Konu, A., & Rimpela, M. (2002). Well-being in schools : a conceptual model, Health Promotion International, Oxford University Press, 17(1).

Kurniastuti, I., & Azwar, S. (2016). Constructtion of Student Well-being Scale for 4-6th Graders. Jurnal Psikologi, 41(1), 1. https://doi.org/10.22146/jpsi.6954.

Mariska, A., Gendis, L. R., Fauziah, Z. F., Sanita, I. C., & Fitrizia, S. (2015). Modifying Introvert Personality With Rational Emotive Behavior Therapy. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 4(2), 149–166.

Miller, J. (2010). A distinction regarding happiness in ancient philosophy. Journal of Social Reasearch, 77, 2, 595-624.

Na’imah, T., & Tanireja, T. (2017). Student Well-being pada Remaja Jawa. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 1–11.

Nelson, M. D., Tarabochia, D. W., & Koltz, R. L. (n.d.). PACES: A Model of Student Well- Being. Montana State University.

Nurlatifah, A. I. (2016). Spiritual emotional freedom technique (seft) sebagai terapi dalam konseling. Jurnal Madaniyah, 2, 317–327.

OECD. (2017). PISA 2015 Results (Volume III) STUDENTS’ WELL-BEING (Vol. III). https://doi.org/10.1787/9789264285521-en.

Ramalisa, Marpaung, W., & Manurung, Y. (2020). Kesejahteraan Psikologis Ditinjau Dari Ketidakamanan Kerja Pada Karyawan Kontrak PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk Cabang Medan Thamrin. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(1), 31–37. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3590.

Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2019). Integritas Akademik: Prediktor Kesejahteraan Siswa di Sekolah. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i1.14.

Russell, J. A., & Vess, K. R. (2014). C.A.R.I.N.G: A Conceptual Model for Promoting Student Well-Being. Adult Education Research Conference.

Sulifan, Y., Suroso, & Muhid, A. (2014). Efektifitas Terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) Untuk Mengurangi Perilaku Merokok Remaja Madya. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 86–95.

Susanti. (2012). Hubungan Harga Diri dan Psychological Well-Being Pada Wanita Lajang Ditinjau dari Pekerjaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 1(1).

Uchida, Y., Takahashi, Y., & Kawahara, K. (2013). Changes in hedonic and eudaimonic well-being after a severe nationwide disaster: The case of the great East Japan earthquake. Journal of Happiness Studies. doi:10.1007/s10902-013-9463-6.

White, N. P. (2006). A briefhistory of happiness. Oxford: Blackwell Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.5695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id