Teacher’s Academic Optimism dalam Menghadapi Proses Belajar Mengajar Daring Selama Masa Pandemi Covid-19

Miranti Rasyid, Dian Dwi Nur Rahmah, Rini Fitriani Permatasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara antara self-esteem dan persepsi gaya kepemimpinan dengan teacher’s academic optimism dalam menghadapi proses belajar mengajar daring selama masa pandemi COVID-19. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jumlah subjek sebanyak 110. Data diperoleh melalui instrumen skala dengan jenis skala Likert pada ketiga variabel. Hasil uji coba skala menunjukan nilai Cronbach’s Alpha 0,8 kategori kuat. Hasil penelitian membuktikan terdapat hubungan yang signifikan (H1 diterima) antara variabel teacher’s academic optimism dengan self-esteem dengan nilai R2 sebesar 0.992, yang berarti variabel self-esteem memiliki hubungan korelasi sebesar 99.2% terhadap variabel teacher’s academic optimism. Terdapat hubungan yang signifikan (H1 diterima) antara variabel teacher’s academic optimism dengan persepsi terhadap gaya kepemimpinan pemimpin dengan nilai R2 sebesar 0.975, yang berarti variabel persepsi terhadap gaya kepemimpinan pemimpin memiliki hubungan korelasi sebesar 97.5% terhadap variabel teacher’s academic optimism.


Keywords


Self-Esteem, Gaya Kepemimpinan Pemimpin, Teacher’s Academic Optimism, Belajar Mengajar Daring, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Aji, R.H.S. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.

Aisyah, S., Yowono, S., & Zuhri, S. (2015). Hubungan antara self-esteem dengan optimisme masa depan pada siswa santri program tahfidz di pondok pesantren Al Muyyad Surakarta & Ibnu Abbas Klaten. Jurnal Psikologi, 13 (2), 1-8.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asgari, A. & Rahimi, S. (2014). Teachers’ academic optimism: confirming a new construct. International Journal of Scientific Management and Development, 2(5), 105-109.

Beard, K. L. S., Hoy, W.K., & Woolfolk Hoy, A.W. (2009). An exploratory study of academic optimism and flow of elemetary school teachers. Unpublished Doctoral Thesis. The Ohio State University.

Dewi, W.A.F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Ghufron & Risnawita. (2016). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Lestari, R. & Koentjoro. (2002). Pelatihan berpikir optimis untuk meningkatkan harga diri pelacur yang tinggal di panti dan luar panti sosial. Jurnal Indigenous, 6(2), 134-146.

Lusiana, N.P.M. (2018). Pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Laboratorium UNDIKSHA Singaraja tahun pelajaran 2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undhiksa, 10 (2), 440-449.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan kepala sekolah dalam organisasi pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Woolfolk Hoy, A., Hoy, W. K., Kurz, N. (2008). Teacher's academic optimism: the development and test of a new construct. Teaching and Teacher Education, 24, 821-83.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id