Berpikir Kreatif pada Pengguna Game Online Ditinjau dari Jenis Kelamin, Status Ekonomi, dan Kategori Permainan

Wahyu Fitriyanto, Santi Sulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui tingkat perbedaan berfikir kreatif yang ditinjau dari jenis kelamin, status ekonomi, dan kategori permainan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perlombaan game pada kompetisi yang diadakan oleh kampus. Sampel dalam penelitian sebanyak 150 pemain game online. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Berfikir Kreatif. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis two-way ANOVA. Berdasarkan Hasil analisis perbedaan berfikir kreatif yang ditinjau jenis kelamin, status ekonomi, kategori permainan didapatkan hasil sebesar 691.475. Kemudian mendapatkan nilai koefisien perbedaan (F) sebesar 1.759 dan nilai Sig. sebesar 0,176 dengan syarat (p<0,05) sehingga didapatkan kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan berfikir kreatif yang ditinjau jenis kelamin, status ekonomi, dan kategori permainan, ketika dilihat bersama-sama. Secara khusus, status ekonomi berpengaruh terhadap berfikir kreatif pengguna game online, dimana berfikir kreatif pada pengguna game online yang berasal dari status ekonomi tinggi lebih tinggi dibanding dengan status ekonomi sedang dan rendah. Selain itu, kelompok yang memainkan game kategori RPG memiliki tingkat berfikir kreatif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang memainkan game berjenis simulation.


Keywords


Creative Thinking; Game Online; Gender; Economic Status, Game Categories

Full Text:

PDF

References


Abraham, A. (2016). Gender and creativity: An overview of psychological and neuroscientific literature. Brain Imaging and Behavior, 10(2), 609–618. https://doi.org/10.1007/s11682-015-9410-8

Alzoubi, A. M., Qudah, M. F. Al, Albursan, I. S., Bakhiet, S. F., & Abduljabbar, A. S. (2016). The effect of creative thinking education in enhancing creative self-efficacy and cognitive motivation. Journal of Educational and Developmental Psychology, 6(1), 117–130. https://doi.org/10.5539/jedp.v6n1p117

Ariadi, R., Malelak, M. I., & Astuti, D. (2015). Analisa hubungan financial literacy dan demografi dengan investasi, saving, dan konsumsi. Finesta, 3(1), 7–12. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-keuangan/article/view/2953

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar.

Budiyawan, A. (2014). Peningkatan berpikir kreatif siswa melalui metode pembelajaran berbasis projek pada mata pelajaran kewirausahaan kelas xi busana butik 1 smk n 1 bawang Banjarnegara [Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta]. https://core.ac.uk/download/pdf/33511622.pdf

Diarra, Y., Gu, C., Guo, M., & Xue, Y. (2017). The effect of social economic status and parents’ rearing behavior on social creativity of children in Mali. Creative Education, 08(06), 829–846. https://doi.org/10.4236/ce.2017.86060

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2017). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media.

Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan anak jilid 2 edisi 6. Erlangga.

Inchamnan, W., & Yampray, K. (2017). Creative and learning processes using game-based activities. Journal of Reviews on Global Economics, 6, 355–366. https://www.lifescienceglobal.com/pms/index.php/jrge/article/view/4751

Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas pgri Yogyakarta. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 97–103. https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1120

Kusumawardani, S. P. (2015). Game online sebagai pola perilaku (Studi deskriptif tentang interaksi sosial gamers clash of clans pada clan indo spirit). AntroUnairdotNet, 4(2), 154–163. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-aun83bacf15affull.pdf

Lee, J. H., Karlova, N., Clarke, R. I., Thornton, K., & Perti, A. (2014). Facet analysis of video game genres. IConference 2014 Proceedings, 125–139. https://doi.org/10.9776/14057

Mali, A., & Kumar, P. (2017). Creative thinking of secondary school students in relation to their school type and residential background. Educational Quest: An International Journal of Education and Applied Social Science, 8(Special Issue), 435–440. https://doi.org/10.5958/2230-7311.2017.00088.5

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

Nurmasari, N., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2014). Analisis berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi peluang ditinjau dari gender siswa kelas xi ipa sma negeri 1 Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(4), 351–358. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/viewFile/10414/9300

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003: Sistem pendidikan nasional.

Ritter, S., & Mostert, N. (2017). Enhancement of creative thinking skills using a cognitive-based creativity training. Journal of Cognitive Enhancement, 1, 243–253. https://doi.org/10.1007/s41465-016-0002-3

Siregar, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif. Kencana.

Suprapto, Zubaidah, S., & Corebima, A. D. (2018). Pengaruh gender terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 325–329. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10642

Voiskounsky, A. E., Yermolova, T. D., Yagolkovskiy, S. R., & Khromova, V. M. (2017). Creativity in online gaming: Individual and dyadic performance in Minecraft. Psychology in Russia: State of the Art, 10(4), 144–161. https://doi.org/10.11621/pir.2017.0413

Yang, Y., Xu, X., Liu, W., & Pang, W. (2020). Hope and creative self-efficacy as sequential mediators in the relationship between family socioeconomic status and creativity. Frontiers in Psychology, 11, 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00438

Yudha, A. T. (2016). Game online dan berpikir kreatif (Studi korelasional tentang hubungan game online dota terhadap berpikir kreatif mahasiswa di Kelurahan Padang Bulan Medan). Jurnal Lmu Komunikasi FLOW, 2(12), 1–10. https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12687




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.4640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id