Moderasi Usia dalam Pengaruh Semester Terhadap Efikasi Diri Akademik pada Pembelajaran Online

Eka Apristian Pantu

Abstract


Penyebaran virus corona menuntut institusi pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran online. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh semester terhadap efikasi diri akademik pada pembelajaran online dan menjelaskan moderasi usia dalam pengaruh semester terhadap efikasi diri akademik pada pembelajaran online. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 296 mahasiswa yang dipilih dengan teknik incidental sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif korelasional. Hasil penelitian menemukan bahwa semester berpengaruh terhadap efikasi diri akademik dalam pembelakaran online (β= -0,886; p= 0,035) dan usia menjadi variabel moderator dalam pengaruh tersebut (β= 0,682; p= 0,008). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semester berpengaruh terhadap efikasi diri akademik pada pembelajaran online dan usia merupakan variabel moderator dalam pengaruh semester terhadap efikasi diri akademik pada pembelajaran online.

Keywords


Psychology; Educational Psychology

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Alt, D. (2015). Assesing the Contribution of a Constructivist Learning Environment to Academic Self-Efficacy in Higher Education. Learning Environment Research, 18, 47-67. https://doi.org/10.1007/s10984-015-9174-5.

Anandari, D. S. (2013). Hubungan Persepsi Siswa atas Dukungan Sosial Guru dengan Self-Efficacy Pelajaran Matematika pada Siswa SMA Negeri 14 Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(3), 210-217.

Artino, A. R. (2012). Academic Self-Efficacy: from Educational Theory to Instructional Practice. Perspectives on Medical Education, 1, 76-85. https://doi.org/10.1007/s40037-012-0012-5.

Cassidy, S. (2015). Resilience Building in Students: the Role of Academic Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 6, 1-14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01781.

Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan Antara Self-Efficacy Akademik dan Konsep Diri Akademik dengan Prestasi Akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3553.

Chyr, W.-L., Shen, P.-D., Chiang, Y.-C., Lin, J.-B., & Tsai, C.-W. (2017). Exploring the Effects of Online Academic Help-Seeking and Flipped Learning on Improving Students' Learning. Educational Technology, 20(3), 11-23.

Dayne, N., Hirabayashi, K., Seli, H., & Reidobolt, W. (2016). the Examination of Academic Self-Efficacy and Academic Help Seeking of Higher Education Students Taking an on Campus or Online General Education Course in Family and Consumer Sciences. Journal of Family and Consumer Sciences Education, 33(2), 13-24.

Dwitantyanov, A., Hidayati, F., & Sawitri, R. D. (2010). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif pada Efikasi Diri Akademik Mahasiswa (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 8(2), 135-144. https://doi.org/10.14710/jpu.8.2.135-144.

Feldman, D. B., & Kubota, M. (2015). Hope, Self-Efficacy. Optimism, and Academic Achievement: Distinguishing Cnstructs and Levels of Specificity in Predicting College Grade-Point Average. Learning and Individual Differences, 37, 210-216. http://dx.doi.org/10.1016/j.lindif.2014.11.022.

Filippou, K. (2019). Students Academic Self-Efficacy in International Master's Degree Programs in Finnish Universities. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 31(1), 86-95.

Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri Akademik pada Mahasiswa Rantau dari Indonesia Bagian Timur di Semarang. Empati, 7(2), 66-77.

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299-306.

Honicke, T., & Broadbent, J. (2016). the Influence of Academic Self-Efficacy on Academic Performance: A Systematic Review. Educational Research Review, 17, 63-84. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.11.002.

Horvitz, B. S., Beach, A. L., Anderson, M. L., & Xia, J. (2015). Examination of Faculty Self-Efficacy Related to Online Teaching. Innovative Higher Education, 40(4), 305-316. https://doi.org/10.1007/S10755-014-9316-1.

Huang, C. (2013). Gender Differences in Academic Self-Effficacy: a meta analysis. European Journal of Psychology, 28(1), 1-35. https://psycnet.apa.org/doi/10.1007/s10212-011-0097-y.

Hutomo, B. A., Jannah, F. M., & Latifah, T. (2020). Fatherhood dan IP Akademik pada Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Jakarta. Wacana, 12(1), 78-85. https://doi.org/10.13057/wacana.v12i1.169.

Hwang, M. H., & Hutchison, H. C. (2016). the Relationship Between Self-Efficacy and Academic Achievement: a 5 Year Panel Analysis. the Asia-Pacific Education Researcher, 25, 89-98. https://doi.org/10.1007/s40299-015-0236-3.

Lee, C.-Y. (2016). Changes in Self-Efficacy and Task Value in Online Learning. Distance Education, 36, 59-79. https://doi.org/10.1080/01587919.2015.1019967.

Muhid, A., & Mukarromah, A. (2018). Pengaruh Harapan Orang Tua dan Self-Efficacy Akademik terhadap Kecenderungan Fear of Failure pada Siswa: Analisis Perbandingan antara Siswa Kelas Unggulan dan Siswa Kelas Reguler. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(1), 31-48.

Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efikasi Diri Akademik. Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 341-347). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Mulvaney, M. (2020). Discussion Groups and Multi-Formatted Content Delivery in an Online Module: Effect on Students Self Efficacy. College Students Journal, 54(1), 88-105.

Mustikasari, D., Rokhani, S., & Sandi, D. F. (2016). Hubungan Efikasi Diri dengan Perilaku Seksual Remaja (Studi di SMK 10 Nopember Jombang). Midwifery Journal of STIKes Insan Cendekia Medika Jombang, 12(1), 35-42.

Mutar, Q. M., Mohammad, H. M., & Hmmud, S. H. (2020). Academic Achievement and Its Relation with Self-Efficacy and Academic Adjustment in EFL Class. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(5), 1-13. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i5.1511.

Oktaningrum, A., & Santoso, F. H. (2018). Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi pada Siswa SMA Berasrama di Magelang. Gadjah Mada Journal of Psychology, 4(2), 127-134. https://doi.org/10.22146/gamajop.46359.

Pamungkas, S. W., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Terbuka Wilayah Kabupaten Demak. Empati, 6(1), 401-406.

PH, L., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). "Tugas Pembelajaran" Penyebab Stres Mahasiswa Selama Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208.

Pintrich, P. R., & Groot, E. V. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academic Performance. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33-40.

Rahmayati, T. E., & Lubis, Z. (2013). Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri. Analitika, 5(2), 43-49. https://doi.org/10.31289/analitika.v5i2.784.

Rozali, Y. A. (2015). Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Akademik pada Mahasiswa UEU Jakarta. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 13(1), 65-69.

Rusdi, R. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Manajemen Waktu Terhadap Stres Mahasiswa Farmasi Semester IV Universitas Mulawarman. Psikoborneo, 3(2), 53-64.

Saraswati, A., & Ratnaningsih, I. Z. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI SMK N 11 Semarang. Empati, 5(3), 430-434.

Sun, W. H., & Huang, Y. J. (2019). Research on Relationships among Achievement Goals, Self-Efficacy and Academic Performance of Students in Shandong Province. International Journal of Organizational Innovation, 12(1), 280-289.

Sun, Y., Liu, R.-D., Oei, T.-P., Zhen, R., Ding, Y., & Jiang, R. (2020). Perceiver Parental Warmth and Adolescents' Math Engagement in China: the Mediating Roles of Need Satisfaction and Math Self-Efficacy. Learning and Individual Differences, 78, 101837-101846. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2020.101837.

Susilawati, Falefi, R., & Purwoko, A. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemic on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 3(2), 1147-1156. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.954.

Tapung, M. M., Regus, M., Payong, M. R., Rahmat, S. T., & Jelahu, F. M. (2020). Bantuan sosial dan pendidikan kesehatan bagi masyarakat pesisir yang terdampak sosial-ekonomi selama patogenesis Covid-19 di Manggarai. Transformasi, 16(1), 12-26. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2067.

Vaezi, S., & Fallah, N. (2011). the Relationship Between Self-Efficacy and Stress among Iranian EFL Teachers. Journal of Language Teaching and Research, 2(5), 1168-1174. https://doi.org/10.4304/jltr.2.5.1168-1174.

Villafane, S. M., Xu, X., & Raker, J. R. (2016). Self-Efficacy and Academic Performance in First-Semester Organic Chemistry: testing a model of reciprocal causation. Chemistry Education Research and Practice, 17, 973-984. https://doi.org/10.1039/C6RP00119J.

Wijaya, I. P., & Pratitis, N. T. (2015). Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Orang Tua dan Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Perkuluiahan. Persona, 1(1), 973-984.

Wilcox, G., & Nordstokke, D. (2019). Predictors of University Student Satisfaction with Life, Academic Self-Efficacy, and Achievement in the First Year. Canadian Journal of Higher Education, 49(1), 104-124.

Zusya, A. R., & Akmal, S. Z. (2016). Hubungan Self-Effficacy Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Psympathic, 3(2), 191-200. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.900.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.4583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id