Kelekatan Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa

Fitriani Nur, Eka Damayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelekatan orangtua terhadap hasil belajar matematika mahasiswa. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif jenis ex post facto. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh atau sampel populasi yakni mahasiswa aktif prodi pendidikan matematika angkatan 2018/2019 yang berjumlah 69 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kelekatan dan dokumentasi hasil belajar. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dalam bentuk regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kelekatan orang tua terhadap hasil belajar mahasiswa yang dibuktikan dengan nilai . Pengaruh kelekatan sebesar 71.1% (R Square = 0.711) dan 28.9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasai agar orang tua membangun kelekatan dengan anaknya.


Keywords


hasil belajar, kelekatan

Full Text:

PDF

References


A’la, R. (2016). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madaniyah, 6(2), 249–268.

Ainsworth, M. D. S., Blehar, M. C., Waters, E., & Wall, S. N. (2015). Patterns of Attachment: A Psychological Study Of The Strange Situation. New York: Psychology Press.

Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134-140, https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844.

Armsden, G., & Greenberg, M. T. (1987). The Inventory of Parent and Peer Attachment: Individual differences and Their Relationship to Psychological Well-being in Adolescence. Journal of Youth and Adolescence, 16(5). DOI: 10.1007/BF02202939

Bowlby, J. (1982). Attachment and Loss (Vol 1 atta). 2nd ed Tavistock Institute Of Human Relations.

Bunda, N. P. (2018). Pengaruh Kelekatan Terhadap Stres Pada Mahasiswa Semester Akhir (University of Muhammadiyah Malang). Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/38565/

Colin, V. (1996). Human Attachment. New York: McGraw-Hill.

Dalyono, M. (1997). Psikologi Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Darnis, A., & Ramayani, C. (2013). Pengaruh Perhatian dan Tingkat Pendapatan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 12 Sijunjung. Journal of Economic and Economic Education, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v2.i1.212

Dewi, A., & Valentina, T. D. (2013). Hubungan Kelekatan Orangtua-remaja dengan Kemandirian pada Remaja di SMKN 1 Denpasar. Jurnal Psikologi, 1(1), 181-189. https://doi.org/10.24843/JPU.2013.v01.i01.p18

Dwija, I. W. (2008). Hubungan antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas Unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 41(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v41i1.1977

Eliasa, E. I. (2011). Pentingnya Kelekatan Orangtua dalam Internal Working Model untuk pembentukan Karakter Anak (Kajian Berdasarkan Teori Kelekatan dari John Bowlby) dalam Karakter Sebagai Saripati Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Yogyakarta: Inti Media Yogyakarta bekerjasama dengan Pusat Studi Pendidikan Anak Usia Dini Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Ervika, E. (2004). Kelekatan (Attachment) Pada Anak, e-USU Repository Universitas Sumatera Utara, 1-17 Retrieved from http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/3487/psikologi-eka%20ervika.pdf;jsessionid=78B70FC0100B0B1647C5B11564B1440F?sequence=1

Fadhillah, N., & Faradina, S. (2016). Hubungan Kelekatan Orangtua Dengan Kemandirian Remaja SMA Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Psicendekia), 1(4), 44–51. Retrieved from http://jim.unsyiah.ac.id/Psikologi/article/view/1429

Fuaturosida, R. (2013). Attachment Anak Usia Dini Di Pondok Pesantren. Psikoislamika: Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 10(2). https://doi.org/10.18860/psi.v10i2.6366

Harahap, R. H., & Novika, S. (2018). Pengaruh Kelekatan Siswa Pada Orang Tua dan Guru Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswadi SMA Swasta Deli Serdang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian. Retrieved from https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/12

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal), 8(2), 121-129. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770

Isroiyah, D. (2016). Pengaruh Kelekatan dengan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak Melalui Self-Efficacy Siswa di MTs. Al-Ittihadiyah Canggu Badas Kediri. Didaktika Religia, 4(1), 29–54. https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i1.p29-54.2016

Jannah, M. (2015). Pengaruh Peran Orang Tua dan Kemampuan Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 9(2), 1150–1169. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1657

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156–162. https://doi.org/doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Larasati, N. I., & Desiningrum, D. R. (2017). Hubungan antara Kelekatan Aman dengan Ibu dan Regulasi Emosi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Salatiga. Jurnal Empati, 6(3). 127-133.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Malekpour, M. (2007). Effects of Attachment on Early and Later Development. The British Journal of Developmental Disabilities, 53 (105,Pt2), 81–95. https://doi.org/10.1179/096979507799103360

Manalu, P. K., & Marheni, A. (2019). Hubungan Antara Kelekatan Orangtua-Remaja dengan Motivasi Belajar pada Remaja di SMA Negeri 4 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 130–138. https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p13

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, 1(2), 1–6.

Maulida, S., Mashabi, N. A., & Hasanah, U. (2017). Hubungan Kelekatan Orang Tua dengan Kemandirian Remaja. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.21009/JKKP.041.01

McCartney, K., & Dearing, E. (2002). Child Development. Farmington Hills: Macmillan.

Monks. (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ningrum, W. R. (2016). Pengaruh Peranan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.273.2016

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/514

Nora, M. O. (2015). Pengaruh Keletakan dan Harga Diri Terhadap kemampuan Bersosialisasi Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 379 - 388. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.11

Nurhayati, D. (2011). Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Kelekatan Anak-Orang Tua. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2011. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/7363/

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development: Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Pardede, E. N., Supena, A., & Fahrurrozi. (2018). Hubungan Kelekatan Orangtua dan Regulasi Diri dengan Kemampuan Sosial Anak (Studi Korelasi pada Anak Kelas 3 di SD Pangudi Luhur Jakarta, 2017). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 37–50. https://doi.org/10.21009//JPUD.121.04

Putri, P. R. A., & Rustika, I. M. (2016). Hubungan antara Self Regulated Learning dan Kelekatan Remaja Awal terhadap Ibu dengan Prestasi Belajar Siswa SMPN 6 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.24843/JPU.2016.v03.i01.p06

Rachmat, I. F. (2018). Pengaruh Kelekatan Orang Tua dan Anak terhadap Penggunaan Teknologi Digital Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda, 6(1), 14–29. https://doi.org/10.32534/jjb.v6i1.546

Rahmadyanti, S., Martunis, & Husen, M. (2017). Pengaruh Gaya Kelekatan Orang Tua-Anak terhadap Penyesuaian Sosial Siswa SMPN 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 37–49. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/2795

Rahmatunnisa, S. (2019). Kelekatan Antara Anak dan Orang Tua dengan Kemampuan Sosial. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 97–107. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.97-107

Rose, J., & McInnes, K. (2017). How Action for Children Works: Attachment and Parental Sensitivity-Their Role in Supporting Good Child Development and Lifelong Positive Outcome.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Sari, H. R., Nurdin, S., & Husen, M. (2017). Hubungan Kelekatan Orangtua pada Anak dengan Nilai-nilai Karakter Dasar Siswa SMP Negeri 3 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 39–47. Retrieved from http://jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/2029

Satriana, D. I. (2019). Pengaruh Kelekatan (Attachment) dengan Ayah Terhadap Self Efficacy Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mercu Buana yang Sedang Menyeselesaikan Tugas Akhir (Skripsi) (Universitas Mercu Buana). Retrieved from https://repository.mercubuana.ac.id/52727/

Situmorang, Z. R., Hastuti, D., & Herawati, T. (2016). Pengaruh Kelekatan dan Komunikasi dengan Orang Tua terhadap Karakter Remaja Perdesaan. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 113–123. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.113

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: UPI.

Sukmawati, Tarma, & Hasanah, U. (2018). Pengaruh Kelekatan Orangtua terhadap Stres Coping pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi Di Prodi Rumpun IKK, UNJ. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 65–69. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.06

Supardi, U. S. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2), 244–255. https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1560

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syarif, N. R. H. (2017). Pengaruh kelekatan (attachment) terhadap kemandirian emosi pada mahasiswa perantauan Maluku Utara yang kuliah di Malang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/9122/

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara.

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Cooperative Scrift dan Peran Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Khazanah Pendidikan, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2307

Wijirahayu, A., Krisnatuti, D., & Muflikhati, I. (2017). Kelekatan Ibu-Anak, Pertumbuhan Anak, dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 9(3), 171–182. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.3.171




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.4547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id