Gambaran Konsep Diri Pada Siswa SMA Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin

Suprastowo Damarhadi, Mujidin Mujidin, Ciptasari Prabawanti

Abstract


Konsep diri merupakan hal penting yang akan menentukan bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri. Memiliki konsep diri yang baik penting dimiliki oleh setiap siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri pada siswa SMA X di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 40 subjek yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan yang kemudian pengumpulan data dilakukan dengan pengisian skala konsep diri model likert. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas konsep diri pada siswa SMA X Yogyakarta berada pada kategori tinggi sebanyak 62,5% dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara konsep diri laki-laki dengan perempuan. Konsep diri laki-laki lebih tinggi daripada perempuan. Sedangkan ditinjau melalui aspek fisiologis, psikologis, psiko-sosial, dan psiko-spiritual tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara laki-laki dengan perempuan.

Keywords


Konsep diri; Jenis Kelamin; siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Abdillah W, & Jogiyanto. (2011). Partial least square (PLS), alternatif structural equational model (SEM) dalam penelitian bisnis. Andi.

Ahmad, J., Ghazali, M., Hasan, A. (2011). The relationship between self-concept and respone toward student’s academic achievement among student leaders iin university putra malaysia. International journal of instruction. 4 (2). p33

Apriani, P., Rahman, I, K., Hamdani, I. (2018). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Tawazun:Jurnal Pendidikan Islam. 11 (1).

Aristya, D, N., Rahayu, A. Hubungan dukungan sosial dan konsep diri dengan penyesuaian diri remaja kelas X SMA Angkasa 1 Jakarta. Ikraith-Humaniora. 2 (2). P 75-81.

Dai, D, Y. (2001). A comparison of gender differences in academic self concept and motivation between high-ability and average chinese adolescent. Journal of advanced academic. 13 (1). https://doi.org/10.4219/jsge-2001-361

Deutch, A, R., Hoffman, L., Wilcox, B, L. (2013). Sexual self-concept: Testing a hypothetical model for men an women. Journal Of Sex Research. P1-14.

Folastri, S., Prasetyaningtyas, W, E. (2017). Gambaran konsep diri siswa di sekolah menengah kejuruan sumbangsih jakarta selatan. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1 (1). 33-40.

Gunawan, R., Juhada, J., Aspin, A. (2019). Hubungan konsep diri dengan penyesuaian diri siswa SMP Negeri 1 Napabalano Kabupaten Muna. Jurnal Ilmiah Bening. 3 (2).

Madgalena., Fatharani, J., Oktavia, Amini, Q. (2020). Peran guru dalam mengembangkan bakat siswa. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dakwah. 2 (1). P61-69

Mudjiran. (2007). Perkembangan peserta didik. Padang: Proyek pembinaan tenaga.

Pardede, Y, O, K. (2008) Konsep diri anak jalanan. Jurnal psikologi. 1 (2). P146-151.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sam, Z., Sri, W. (2012). Psikologi Keperawatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saraswatia, G, K., Zulpahiyana, Arifah, S. (2015). Faktor yang mempengaruhi konsep diri remaja di SMPN 13 Yogyakarta. Jurnal Ners and Midwifery Indonesia. 3 (1). 33-38.

Setiadi, Y. (2018). Hubungan konsep diri, kecerdasan emosional, dan kecemasan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal nasional pendidikan matematika. 2 (1). 119-132.

Soekanto, S. (1990). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Stuart, G.W. & Sundeen. (2019). Principles and practice of psykiatric nursing. New York: Louis Mosby Year Book.

Sulistiyani, N, W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi. 1 (2).

Yuliana, N., Rohman, U. (2017). Hubungan konsep diri dengan kopetensi sosial pada siswa kelas VIII MTs Ad-Da’wa Bekasi Tahun Pelajaran 2006-2007. Psympatic: Jurnal Ilmiah Psikologi. 1 (45).

Yunistiati, F., Djalali, M, A., Farid, M. (2014). Keharmonisan keluarga, konsep diri, dan insteraksi sosial remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia. 3 (1). P71-82




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.4392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id