Pengembangan Diri Dosen

Mardatillah Mardatillah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang menentukan dan sejauh mana faktor-faktor ini berperan sebagai dosen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menjelaskan masalah yang dihadapi dan kemudian mengembangkan masalah untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menentukan pengembangan diri dosen dibagi menjadi eksternal yaitu kolega dan organisasi. Peran faktor pengembangan diri ini sangat penting bagi dosen, tetapi sekali lagi aktor utamanya adalah dosen itu sendiri. Atasan, rekan kerja, dan organisasi dapat memberikan dorongan dan dukungan meskipun mereka tidak dapat memainkan peran yang besar seperti yang dilakukan dosen


Keywords


Factor Role Self Development Lecture

Full Text:

PDF

References


Aini, N. (2017). Pengembangan Dosen Di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Amal Ilmiah Yapis Wamena Kabupaten Jayawijaya. JI@ P, 3(2).

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Djuwita, T. M. (2011). Strategi Pengembangan Dosen Perguruan Tinggi Kaitannya Dengan Profil Dosen Yang Produktif. Publica, 1(1).

Idris, A. (2013). Hubungan antara komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi dengan kepuasan kerja dosen. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 45-55.

Mardatillah. (2015). Pengembangan Diri. AAB Press. Balikpapan. Edisi ke-3

Putra, G. J., Suib, M., & Ali, M. (2015). Hubungan Motivasi Kerja Dan Pengembangan Diri dengan Kinerja Dosen di Perguruan Tinggi Keperawatan Pontianak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Swanson, R & Holton, E. (2011). Foundationas of Human Resource Development. Second Edition. Berret-Koehler Publishers, Inc. San Fransisco

Gibb, S. (2011). Human resource development: foundations, process, context. Macmillan International Higher Education.

Werner, J. M., & DeSimone, R. L. (2011). Human resource development. Cengage Learning.

Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia (tanpa tahun). Diunduh 27 Agustus 2019, dari https://forlap.ristekdikti.go.id/files/infografis




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.3951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikostudia : Jurnal Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

_________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 _________________________________________

PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id