Efektivitas Intensitas Bermain Peran untuk meningkatkan Efikasi Diri Mahasiswa dalam Memberikan Tes Psikologi

Meydisa Utami Tanau, Dwi Nur Rachmah, Rooswita Santia Dewi, Faridya Khairina Ekaputri

Abstract


Mahasiswa Psikologi perlu menguasai alat tes psikologi, namun mahasiswa kurang mempersiapkan diri sebelum memberikan alat tes kepada partisipan. Inovasi pembelajaran untuk membuat mahasiswa menerapkan hasil belajarnya pada situasi nyata dikenal dengan pembelajaran bermain peran. Variabel Efikasi diri mahasiswa psikologi diharapkan dapat meningkat melalui bermain peran menggunakan alat tes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas intensitas bermain peran untuk meningkatkan efikasi diri mahasiswa. Sampel penelitian ini merupakan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain the one group pretest and posttest menggunakan skala efikasi diri. Analisa data menggunakan statistik parametrik t-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai t = -6.537 dengan p < 0,01. Hal ini berarti ada perbedaan pada taraf 99% efikasi diri antara sebelum dan sesudah pemberian metode bermain peran.


Keywords


Role playing, Efikasi diri, Tes inteligensi dewasa

Full Text:

PDF

References


Ana, A., Wibowo, M. E., & Wagimin, W. (2017). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Harapan Hasil (Outcome Expectations) Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 49-53.

Bandura, A. (1977). Self-Efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Reviews, 84, 2, 191-215.

Bandura, A. (1994). Self-Efficacy. In V.S. Ramachaudran (Ed). Ensyclopedia of Human Behavior. Volume 4. Diakses pada tanggal 10 Februari 2019, dari: http://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/BanEncy.html

Crow, M. L., & Nelson, L. P. (2014). Do active-learning strategies improve students’ critical thinking? Do activelearning strategies improve students’ critical thinking?. Higher Education Studies, 4(2), 77-90.

Ettkin, L., & Snyder, L. (1972). A model for peer group counseling based on roleplaying. School Counselor, 19(2), 215-218.

Fogg, P. (2001). A history professor engages students by giving them a role in the action. Chronicle of Higher Education. 48(12). A12-13.

Friedman, H.S., & Schustack, M.W. 2008. Personality: Classic theories and Modern research 3rd ed. (Terjemahan: Fransiska Dian Ikarini, Maria Hany, & Andreas Provita Prima). Jakarta: Erlangga.

Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (1999). A handbook for teaching and learning in higher education: Enhancing academic practice (2nd ed.). London: RoutledgeFalmer

Huyack, E. T. (1975). Teaching for behavioral change. Human Educator, 14(1), 12-20.

Joyner, B., & Young, L. (2006). Teaching medical students using role play: Twelve tips for successful role plays. Medical Teacher, 28(3), 225-229.

Karatay, G., & Gürarslan Baş, N. (2017). Effects of role-playing scenarios on the self-efficacy of students in resisting against substance addiction: a pilot study. INQUIRY: The Journal of Health Care Organization, Provision, and Financing, 54, 0046958017720624.

Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press.

Nur’aini, A., Sholih, S., & Dalimunthe, R. Z. (2018). Meningkatkan Efikasi Diri (Self Efficacy) Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang). Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2).

Poorman, P. B. (2002). Biography and role-playing:fostering empathy in abnormal psychology. Teaching of Psychology, 29(1), 32-36.

Santrock, J.W. (2011). Educational psychology 2nd ed. (Terjemahan: Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana.

Sotto, E. (2007). When teaching becomes learning: A theory and practice of teaching. London: Continuum.

Sumantri, L., Rangka, I. B., & Fahmi, R. N. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Membina Self Efficacy Siswa. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 156-164.

Teahan, J. E. (1975). Role playing and group experiences to facilitate attitude and value changes. Journal of Social Issues, 31(1), 35-45.

Yapono, F., & Suharnan. 2013. Konsep-Diri, Kecerdasan Emosi dan Efikasi-Diri. Jurnal Psikologi Indonesia Sept. 2013,Volume 2, No. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.3943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id