Puppet Show Tokoh Superhero Indonesia untuk Mengurangi Persepsi Negatif Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Riska Sari, Putri Hanifah, Rahma Wati, Miranti R asyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode puppet show tokoh superhero Indonesia untuk mengurangi persepsi negatif pada anak berkebutuhan khusus. Subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas tiga SD yang berjumlah 30 orang dan memiliki persepsi negatif terhadap anak berkebutuhan khusus. Data yang dianalisis dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 foe Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji sample paired t-test menghasilkan nilai p = 0,000 (< 0,050) pada pre-test ̶ dan post-test, post-test follow-up didapatkan hasil nilai p = 0,001 (< 0,050), sehingga dapat disimpulkan subjek yang mengikuti puppet show tokoh superhero Indonesia mengalami penurunan persepsi negatif terhadap anak berkebutuhan khusus.

Keywords


puppet show, persepsi negatif, superhero, anak berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. R. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Anwar, S. 2018. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Damayanti, P. A. (2015). Sekolah Dasar Luar Biasa (Sdlb) Di Kota Semarang Dengan Penekanan Desain Universal. Canopy: Journal of Architecture. Vol. 4 (2): 1-8.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dulisanti, R. 2015. Penerimaan sosial dalam proses pendidikan inklusif. Jurnal Sosiologi. Vol. 1: 52-60

Fajarudin, M. V., dan Pratiwi, T. I., 2016. Penerapan strategi cognitive restructuring untuk menurunkan persepsi negatif terhadap pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Jurnal BK. Vol 6 (1):1-7.

Gunarti, W. dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini.

Hadi, S. 2015. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Kröger, T., dan Nupponenb, A, M., 2019. Puppet as a pedagogical tool: a literature review. Journal of Elementary Education. Vol.4 (11):393-401.

Kumalasary, A. N. (2018). Penerapan Media Panggung Boneka Dapat Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Menyimak Cerita Siswa Kelas 1 Sd. Pgsd Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Kurniawan, A, R. (2017). Kebudayaan Lokal Dalam Komik Superhero Indonesia. Invensi: Vol. 2(1):9-15.

Musfiroh, T. 2005. Cerita untuk Perkembangan Anak.Yogyakarta: Navila

Nasir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Ohira, N. 2013. Pengembangan Rubrik Penilaian Proposal Penelitian Mahasiswa Pada Program Studi Tadris Biologi Jurusan Tarbiyah Stain Kerinci. Tesis Magister Pendidikan. Universitas Negeri Padang

Pandia, W. S. S., Handayani, P., dan Sutantoputri, N. W. 2015. Iklim sekolah inklusi (penelitian di smkx jakarta). Jurnal Perkotaan. Vol. 6-7(1-2):41-57.

Ritzer, G. 2012. Teori Sosial Post Modern. Yogyakarta : Kreasi Kencana

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS

Tandjung, G. T. Dkk. (2015). Perancangan Puppet Show Tentang Cerita Tokoh Perempuan Alkitab Di Sekolah Minggu. Desain Komunikasi Visual, Seni, Dan Desain, Universtas Kristen Petra.

Tirtayani, L, A., (2017). Upaya Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Lembaga-Lembaga Paud Di Singaraja, Bali. Proyeksi, Vol.12 (2):21-34.

Wati, E. (2014). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol. XIV (2): 368-378.

Wijiastuti, S. 2018 sikap penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa abk di kelas atas sekolah dasar inklusi 1 ngulkan kulon progo yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 20 (7): 1922-1933.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v9i2.3912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id