Pengaruh Pelatihan Keterampilan Pengasuhan Terhadap Kepekaan dan Keterlibatan Orangtua Dengan Anak Prasekolah

Meilani Sandjaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris apakah pelatihan keterampilan pengasuhan mempengaruhi peningkatan kepekaan dan keterlibatan orangtua anak prasekolah. Penelitian ini dilakukan di KB/TK X, Surabaya, dengan orangtua sebagai pesertanya. Jumlah peserta dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Peserta mengikuti pelatihan keterampilan pengasuhan sebanyak tujuh sesi, dengan durasi masing-masing sesi 60-120 menit. Tipe penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental, dengan menggunakan menggunakan one group pretest-posttest design. Alat pengumpul data berupa kuisioner, observasi, dan wawancara. Kuisioner yang digunakan berupa soal pilihan ganda untuk pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik Wilcoxon Signed Rank Test, yaitu program SPSS 16. Dari analisis data yang dilakukan pada level pengetahuan dari hasil pre-test dan post-test diperoleh p sign sebesar 0,041. Pada level keterampilan (skill) dari hasil observasi sebelum dan setelah pelatihan, diperoleh p sign sebesar 0,038 untuk kepekaan dan 0,041 untuk keterlibatan orangtua. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pelatihan keterampilan pengasuhan terhadap peningkatan kepekaan dan keteribatan orangtua dengan anak prasekolah.


Keywords


Pelatihan Keterampilan Pengasuhan, Kepekaan, Keterlibatan Orangtua dengan Anak, Prasekolah

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Sugandi, L. S., & Prastika, N. D. The Effectiveness of Hugging in Reducing Depression and the Feeling of Powerlessness in the Affected Adolescents. In Mid-International Conference on Public Health 2018 (pp. 258-258). Sebelas Maret University.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Adriansyah, M. A., Rama, T. A., Anggara, A., Kridani, M. S., & Afani, A. A. (2016). Pengaruh Pelatihan Meditasi dan Self Hypnosys Untuk Meningkatkan Empati. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(1), 29-38.

Belsky, J., Robins, E., & Gamble, W. (1984). The Determinants of Parental Competence. Pennsylvania: University Park.

Bornstein, M. H., Hendricks, C., Hahn, C.-S., Haynes, O. M., Painter, K. M., & Tamis-LeMonda, C. S. (2003). Contributors to Self-Perceived Competence, Satisfaction, Investment, and Role Balance in Maternal Parenting: A Multivariate Ecological Analysis. Parenting, Science, and Practice , 285-326.

Carpentieri, J., Fairfax-Cholmeley, K., Litster, J., Vorhaus, J. (2011) Family literacy in Europe: using parental support initiatives to enhance early literacy development. London: NRDC, Institute of Education

Chairini, N. (2013). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Stress Pengasuhan Pada Ibu Dengan Anak Usia Prasekolah Di Posyandu Kemiri Muka. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah .

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualititatif, kuantitatif, dan mixed. Jogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Efnita, S. (2014). Program Pengasuhan Positif Untung Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Ibu. Indonesia, Jawa Tengah. Universitas Gadjah Mada, Magister Profesi Psikologi.

Fardana, N. A., & Tairas, M. (2012). Pengembangan Model Parental Involvement sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Literasi pada Anak Usia 4-6 Tahun di Wilayah Pedesaan Kabupaten Gresik. Insan .

Izzaty, E. R. (2008). Peran Aktivitas Pengasuhan pada Pembentukan Perilaku Anak sejak Usia Dini ; Kajian Psikologis berdasarkan Teori Sistem Ekologis. Yogyakarta: Cakrawala.

Moran, J. A., & Weinstock, D. K. (2011). Assessing Parenting Skills for Family Court. Journal of Child Custody , 166-188.

Naomee, I. (2013). Role Of Family On Early Childhood Development And Education: Dhaka City Perspective. The International Journal of Social Sciences , 158-169.

Nurmanina, A. (2013). Wacana Pendidikan Seks Dalam KEluarga (Studi Pada Keluarga Di Banguntapan, Bantul). Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, pp. 56-67.

Ramadhani, M. R., Fernanda, R., Sari, R., & Lubis, H. (2018). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, pp. 61-70 .

Rikhy, S., Tough, S., Trute, B., Benzies, K., Kehler, H., & Johnson, D. W. (2010). Gauging knowledge of developmental milestones among Albertan adults: a cross-sectional survey. BMC Public Health.

Sanders, M. R. (2008). Triple P-Positive Parenting Program as a Public Health Approach to Strengthening Parenting. Journal of Family Psychology , 506-517.

Sanders, M. R., Dadds, C. M., & Turner, K. M. (2003). Theoretical, Scientific and Clinical Foundations of the Triple P‐Positive Parenting Program: A Population Approach to the Promotion of Parenting Competence. Queensland: The University of Queensland.

Skills Workshop Series. A Manual for Parent Educators. Journal. A Cornell Cooperative Extension Publication.

Sumargi, A., Sofronoff, K., & Morowska, A. (2013). Understanding Parenting Practices and Parents’ Views of Parenting Programs: A Survey Among Indonesian Parents Residing in Indonesia and Australia. Child Fam Study , 141-160.

Wei, C., Ribeiro, R., Bianconi, C., Steinkraus, A., & Potter, N. (2012). Parenting Skills Workshop Series: A Manual for Parent Educators. Cornell Cooperative Extension.

Widiyawati, L., & Kurniawan, I. N. (2008). Pengaruh Pelatihan Parenting Skill terhadap Parenting Efficacy. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v9i2.3907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id