Penyusunan Alat Ukur Resiliensi Akademik

Hardiansyah Hardiansyah, Anindya Pinasthi Putri, Mahesa Diaz Wibisono, Dian Sari Utami, Diana Diana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan dan memvalidasi alat ukur resiliensi akademik. Pengumpulan data menggunakan google form dan didapatkan responden penelitian sebanyak 160 mahasiswa. Alat ukur ini disusun oleh peneliti melalui beberapa tahapan yang telah dilewati dan diperoleh 4 dimensi resiliensi akademik dengan jumlah 27 item. Metode analisa data yang dilakukan adalah analisis faktor ekploratori (EFA). Hasil penelitian menunjukan terdapat 4 faktor yang terbentuk yaitu ketangguhan akademik, pemecahan masalah akademik, kecerdasan menghadapi kesulitan dan penyesuaian diri adapun jumlah item pernyataan dari 4 faktor yang terbentuk sebanyak 27 item dan relibilitas resilensi akademik dengan kofisien alpha = 0.784

Keywords


Resiliensi Akademik

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2011). Psikologi remaja, perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Pustaka Pelajar.

Aziz, R. (2011). Kepribadian ulul albab. UIN Malang Press.

Boatman, M. (2014). Academically Resilient Miniority Doctoral Students Who Experienced Proverty And Parental Substance Abuse. In http;/Scholarworks.waldenu.edu/dissertations.

Cerya, E. (2017). Pentingkah adversity quotient dalam pencapaian prestasi akademik di perguruan tinggi?. PAKAR Pendidikan, 15(2), 18-27.

http://pakar.pkm.unp.ac.id/index.php/pakar/article/view/59

Boatman, M. (2014). Academically resilient minority doctoral students who experienced poverty and parental substance abuse.

Cassidy, S. (2015). Resilience building in students: the role of academic self efficacy. Frontiers In Psychology, 6, 1–14.

Cheng V., & Catling J. C. (2015). The role of resilience, delayed gratification and stress in predicting academic performance. Psychol. Teach. Rev. 21 13–24.

Desmita. (2013). Psikologi perkembangan peserta didik. PT Remaja

Fitriani, A., & Ambarini, T. K. (2013). Hubungan antara hardiness dengan tingkat stres pengasuhan pada ibu dengan anak autis. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 2(2), 34-40.

Hendriani, W. (2016). Resiliensi Akademik Mahasiswa Doktoral. Lapora Penelitian. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Ivancevich, J. M., Konopaske, R & Matteson, M. T. (2010). Perilaku dan manajemen organisasi, alih bahasa Gina Gania, edisi tujuh. PT. Erlangga.

Rojas, F. L. (2015). Factors affecting academic resilience in middle school students: a case study. Gist Education and Learning Research Journal, 11(11), 63–78. doi: 10.26817/16925777.286

Minarsih., Nirwana. H., & Yarmis, S. (2017). Kontribusi motivasi menyelesaikan masalah dan komunikasi interpersonal terhadap strategi pemecahan masalah siswa sekolah menengah. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 3(2), 1-14. doi: 10.29210/02017113

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Santrock, J.W. (2012). Life-span development (perkembangan masa hidup edisi 13. Jilid 1, penerjemah: Widyasinta, B). Erlangga.

Schoon, I. (2010). Risk and resilience, adaptations in changing times. Cambridge University Press.

Semiun, Y. (2010). Kesehatan mental 2. Penerbit Kanisius.

Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan antara resiliensi dengan stres pada mahasiswa sekolah tinggi kedinasan. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2), 59-76. http://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/JPP/article/view/59.

Sopiyanti, S. (2011). Pengaruh self-efficacy terhadap penyesuaian akademik mahasiswa. Psychopathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 289-304. doi: 10.15575/psy.v4i1.2197

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Alfabeta.

Subekti, F. E., & Jazuli, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 13–27.

Tri, F.M., & Agung, I.M. (2018). Academic hardiness dan prokrastinasi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 13(2), 143-149. doi: 10.24014/jp.v13i2.3626.

Usman, H., & Sobari, N (2013). Aplikasi teknik multivariate untuk riset pemasaran. Raja Grafindo Persada.

Utami, I. B., Hardjono, & Karyanya, N. A. (2014). Hubungan antara optimisme dengan adversity quotient pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran UNS yang mengerjakan skripsi. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2(5), 154–167.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v9i3.3159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id