Konstruk Alat Ukur Adaptasi Lingkungan

Muhliansyah Muhliansyah, Anindya Pinasthi Putri, Miranti Rasyid, Muhammad Ali Adriansyah, Diana Diana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat ukur psikologi yang mengukur bagaimana adaptasi seseorang dengan berstandar psikometri yakni validitas, reliabilitas serta item-item yang baik. Partisipan dalam pengambilan data utama adalah 146 orang. Pendekatan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain non-eksperimental dan bersifat deskriptif. Hasil uji keterbacaan terhadap responden yang merepresentasikan karakteristik populasi, peer review, dan expert judgement. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan diatas dapat dikatakan bahwa alat ukur adaptasi lingkungan telah memenuhi standar psikometri. Beberapa rangkaian analisis telah dilakukan pertama, pengujian melalui empat orang expert judgement dimana jumlah item awal berjumlah 17 butir. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas, dihasilakan item valid 16 butir dengan nilai Alpha Cronbach sebesar α=0766 dengan demikian dinyatakan handal. Kedua, 16 item disebarkan kepada 146 partisipan. Kemudian dianalisis dengan analisis faktor eksploratori, didapatkan bahwa alat ukur adaptasi lingkungan menghasilkan tiga dimensi yaitu intensity yang berjumlah 5 item, diversity berjumlah 3 item, dan clarity berjumlah 7 item. Sehingga dengan demikian total keseluruhan item alat ukur adaptasi lingkungan yang memenuhi standar psikometri adalah 15 item.

Keywords


Adaptasi lingkungan

Full Text:

PDF

References


Aminnudin. (2002). Sosiologi: Suatu pengenalan awal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gifford, R. (1987). Environmental psychology principles and practice. London: Allyn & Bacon, Inc.

Habiba, N. Nurdin, M.F., & Muhamad, R.A.T. (2017). Adaptasi Sosial Masyarakat Kawasan Banjir di Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek. SOSIOGLOBAL: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 40-58.

Hidayat, A.A. (2007). Metode Penelitian Kebidanan teknik analisa data. Jakarta: Salemba Medika.

Iskandar, Z. (2012). Psikologi lingkungan. Bandung: PT Refika Aditama.

Kaplan, D. (2002). Teori budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhliansyah. (2018). Pengaruh kesesakan dan adaptasi terhadap stress lingkungan pada masyarakat kelurahan air putih kota samarinda. Psikoborneo, 6(3), 573-588.

Sayu, J.A., Ibrahim, M.Y., & Budjang, G. (2013). Adaptasi sosial siswa kelas x pada boarding school Sma Taruna Bumi Katulistiwa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9 (2), 1-12.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tangkudung, J.P.M. (2014). Proses adaptasi menurut jenis kelamin dalam menunjang studi mahasiswa fisip universitas sam ratulangi. Journal Acta Diurna, 3(4), 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v8i2.3098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id