Faktor Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa Sma Ditinjau Dari Social Cognitive Theory

Putri Fathia Fadilla, Sri Muliati Abdullah

Abstract


Dalam konsep life stages, usia 15-24 tahun merupakan tahap perkembangan individu pada tingkat exploration yang mana memiliki tugas perkembangan dalam memahami minat, kemampuan serta mengejar tujuan karier lebih spesifik pada pemilihan karier. Permasalahan yang dihadapi siswa salah satunya adalah pengambilan keputusan menuju perguruan tinggi, yang disertai perasaan bimbang, ragu-ragu, ketidakpastian, bahkan stres. Tujuan pernulisan ini untuk mengetahui faktor pengambilan keputusan karier pada Siswa SMA ditinjau dari Social Cognitive Theory. Metode yang digunakan adalah review hasil penelitian pengambilan keputusan karier dalam waktu tiga tahun terakhir dan ditinjau menggunakan Social Cognitive Theory. Hasil menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan karier dapat dibagi menjadi dua yaitu faktor internal terdiri dari regulasi emosi, efikasi diri, persepsi terhadap harapan orang tua, minat, pemahaman karier, self-determination, genetic, task approach skill dan motivasi berprestasi sedangkan faktor eksternal terdiri dari quality of school life, pola asuh otoriter, konformitas, bimbingan konseling karier, keluarga, lingkungan kampus, kelengkapan fasilitas, biaya Pendidikan, keringanan biaya, status akreditasi dan kurikulum. Faktor internal dan eksternal tersebut dapat digambarkan dalam konsep triadic reciprocal determinant pada teori kognisi sosial, dijelaskan bahwa terdapat tiga variabel yang saling mempengaruhi yaitu lingkungan, personal dan perilaku, dengan ini menerangkan bahwa pengambilan keputusan karier dipengaruhi oleh faktor personal (internal) dan faktor lingkungan (eksternal).

Keywords


Pengambilan keputusan karier, social cognitive theory, faktor pengambilan keputusan karier

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. M. (2018). A multiple loops career crafting model: Konstruksi Karier di Era Boundaryless Workplace. Universitas Gajah Mada.

Abdullah, S. M. (2019). Social cognitive theory : a Bandura thought review published in 1982-2012. Psikodimensia, 18(1), 85–100. https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708.

Apriansyah, A., Hadiwinarto, & Mishbahuddin, A. (2018). Hubungan antara efikasi diri dengan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Aqmarina, F. N., Sahrani, R., & Hastuti, R. (2017). Konseling karir dengan menggunakan Career Information Processing model untuk membantu career decision-aking. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1265.

Bandura, A. (1986). From thought to action: Mechanisms of personal agency. New Zealand Journal of Psychology, 15, 1–17.

Craighead, E. W., & Nemeroff, C. B. (2004). The concise corsini encyclopedia of psychology and behavioral science (3rd ed.). Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Darmasaputro, A., & Gunawan, W. (2018). Hubungan efikasi diri pengambilan keputusan karier dan pengambilan keputusan karier pada Siswa SMA. 14(1), 1–11.

Fahima, R. R., & Akmal, S. Z. (2018). Peranan kebimbangan karier terhadap intensi pindah jurusan kuliah pada mahasiswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 83–94. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.1639.

Firdaus, S. A., & Kustanti, E. R. (2019). Hubungan antara pola asuh otoriter dengan pengambilan keputusan karier pada siswa SMK Teuku Umar Semarang. Empati, 8(1), 212–220.

Harahap, R. F. (2014). Duh 87 mahasiswa Indonesia salah jurusan. Retrieved September 9, 2019, from https://news.okezone.com/read/2014/02/24/373/945961/duh-87-mahasiswa-indonesia-salah-jurusan.

Krumboltz, J. D. (2009). The happenstance learning theory. Journal of Career Assessment, 17(2), 135–154. https://doi.org/10.1177/1069072708328861.

Lee, I. H., Rojewski, J. W., & Hill, R. B. (2013). Classifying Korean adolescents’ career preparedness. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 13(1), 25–45. https://doi.org/10.1007/s10775-012-9236-5.

Lestari, D., & Supriyono. (2016). Kontribusi minat jurusan, kualitas layanan informasi karir, dan pemahaman karir terhadap kemampuan mengambil keputusan karir. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 47–54.

Mamahit, H. C., & Situmorang, D. D. B. (2016). Hubungan Self-Determination Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Siswa Sma. Jurnal Psikologi Psibernetika, 9(2), 78–92. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v9i2.459.

Marti’ah, S., Theodora, B. D., & Haryanto, H. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap pilihan karir siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(3), 237–242. https://doi.org/10.30998/sap.v2i3.2448.

Pakpahan, J. F., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara pola asuh otoritatif dengan pengambilan keputusan karir pada Mahasiswa tahun keempat. 7(3), 206–215.

Peterson, N. (2014). Cognitive information processing in Career development, employment, and disability in rehabilitation from theory to practice first edition. New York: Springer Publishing.

Prabowo, W., Yusuf, M., & Setyowati, R. (2019). Pengambilan Keputusan Menentukan Jurusan Kuliah Ditinjau Dari Student Self Efficacy Dan Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.26858/jppk.v5i1.7460.

Putri, N. (2018). Angka siswa yang salah pilih jurusan masih tinggi. Retrieved September 10, 2019, from http://www.skystarventures.com/youthmanual-angka-siswa-yang-salah-pilih-jurusan-masih-tinggi/.

Rahman, A., & Khoirunnisa, R. N. (2019). Hubungan antara regulasi emosi dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI SMA Negeri 22 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6(1), 1–6.

Sarwandini, S., & Rusmawati, D. D. (2019). Hubungan antara quality of school life dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Kebumen. Jurnal Empati, 8(1), 117–122.

Sastrawati, W. U., Kadek, N., Purwanti, C., Suhardita, K., Sapta, I. K., Komang, N., … Bali, I. P. (2019). Efektivitas konseling Behavioral model Krumboltz untuk mengembangkan keputusan karir siswa. 4(2), 63–67.

Setiobudi, J. (2017). Pengaruh efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 1.

Vatmawati, S. (2019). Hubungan konformitas siswa dengan pengambilan keputusan karir. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Empati, 6(1), 55–70.

Yuniati, R., & Mukti, P. (2017). Analisis 4P (product, price, place, dan promotion) dalam pengambilan keputusan calon mahasiswa memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Perseptual, 2(1), 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v8i2.3049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id