Persepsi Terhadap Pola Asuh Demokratis Dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa

Dewi Candrawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi pola asuh demokratis dengan penyesuaian diri; (2) Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri dan (3) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap pola asuh demokratis dan konsep diri dengan penyesuaian diri. Populasi penelitian mahasiswa kabupaten Malinau jurusan keperawatan, kesehatan lingkungan, gizi, keperawatan gigi, analis kesehatan, di Poltekes KEMENKES Yogyakarta.  Sampel penelitian diambil dengan metode purpose sampling, dengan sampel berjumlah 63 orang. Alat ukur yang digunakan, yaitu skala persepsi pola asuh demokratis, skala konsep diri dan skala penyesuaian diri. Tehnik analisis data dengan menggunakan uji statistik korelasi product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada hubungan positif antara persepsi pola asuh demokratis dengan penyesuaian diri pada mahasiswa;(2) ada hubungan positif antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa;(3) ada hubungan positif antara  persepsi pola asuh demokratis konsep diri dengan penyesuaian diri secara bersama-sama dengan penyesuaian diri pada mahasiswa mahasiswa kabupaten Malinau jurusan keperawatan, kesehatan lingkungan, gizi, keperawatan gigi, analis kesehatan, di Poltekes KEMENKES Yogyakarta.

Keywords


Pola Asuh Demokratis, Konsep Diri, Penyesuaian Diri

Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. (2009). Psikologi perkembangan pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Bandung: PT. Refika Aditama.

Anggelika, V (2003). Penyesuaian diri mahasiswa papua dalam interaksi dengan masyarakat Jawa di Yogyakarta. Tesis, dipublikasikan. Universitas Gadjah mada Yogyakarta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi: Edisi ke-2. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Edisi ke-4. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.

Dariyo, A. (2004). Psikologi perkembangan remaja. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Dariyo, A. (2007). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Desmita. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fatimah, E. (2018). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Pustaka Setia.

Gunarsa, S. G. Y. (2011). Perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT. Libri.

Hutabarat, D. B. (2004). Penyesuaian diri Perempuan pekerja seks dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Ilmiah Arkhie, 9(2), 70-81.

Kumalasari, F. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal psikologi Pitutur Universitas Muria Kudus. 1(1), 21-31.

Mutamminah, (2014). Hubungan konsep diri dan kecerdasan emosi dengan kemampuan penyesuaian diri pada remaja. Persona, jurnal psikologi Indonesia.3,(1).42-51

Purwaningsih (2013). Hubungan pola asuh demokratis dan kemandirian dengan penyesuaian diri siswa di asrama. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Rokhamatika & Darminto (2013). Hubungan antar persepsi terhadap dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri dengan penyesuaian diri disekolah pada siswa kelas unggulan, SMP Negri 1 Kalitengah. Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan konseling. 01,(01). 149-157.

Santrock, J. (2007). Perkembangan anak edisi ke-11, jilid 2. Jakarta: PT. Erlangga.

Sobur, A. (2011). Psikologi umum. Bandung: PT. Pustaka Setia.

Syam, N. (2012). Psikologi sosial sebagai akar ilmu komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Tridhonanto, AL. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputido.

Ulfa, M. (2013). Hubungan pola asuh demokratis orangtua, konsep diri dan penyesuaian sosial dengan prilaku asertif siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal psikologi terapan dan pendidikan. 1(1),1-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v8i2.3048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Psikostudia : Jurnal Psikologi

 

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikostudia@fisip.unmul.ac.id